Pemkab Buton Motivasi Kepsek Tingkatkan Mutu Pendidikan – Kendari Pos
Buton

Pemkab Buton Motivasi Kepsek Tingkatkan Mutu Pendidikan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mengumpulkan seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) dari semua tingkatan sekolah SD, SMP dan SMA, termasuk juga pengawas pendidikan. Pertemuan itu bertajuk Strategi Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah, Senin(9/3). Bupati Buton, La Bakry, berpendapat, jika kualitas pendidikan di suatu daerah sangat dipengaruhi komitmen para pendidik. Lulusan sekolah dari semua tingkatan pendidikan akan mencerminkan kualitas penerapan sistem pendidikan di sekolah itu.

Olehnya karenanya, Kepsek sebagai pimpinan diminta terus berinovasi dalam pola pendidikan peserta didik. “Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, namun kita tidak boleh pesimis. Banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hari ini ada motivator kita yang akan memberikan kiat-kiatnya,” kata bupati. Ketua DPD Golkar Buton ini melanjutkan, Kepsek dan insan pendidikan harus sadar betul jika tugas utamanya adalah sebagai pendidik. “Guru itu sebagai peletak sumber daya manusia kita. Kalau Buton mau maju itu juga tergantung guru bagaimana mendidik anak-anak kita,” tambahnya.

Menurut Buton-1 tersebut, dunia pendidikan saat ini banyak tantangan diera digitalisasi. Indonesia pada tahun 2045 mendatang, akan menjadi Negara maju dengan menargetkan masuk peringkat lima besar ekonomi dunia. “Nah, maka kita harus mempersiapkan diri pada 25 tahun yang akan datang tepat 100 tahun Indonesia merdeka. Semua cita-cita itu salah satunya terletak di tangan kalangan pendidik,” lanjut suami dari Delya Montolalu ini.

Diskusi terkait strategi pengembangan penjamin mutu pendidikan sekolah yang dihelat Pemkab Buton dan dihadiri Bupati, La Bakry dan mengundang pemateri Dr. Soni Trison, akademisi IPB yang juga wirausahawan muda berprestasi.

Sebagai pemateri, hadir Dr. Soni Trison, Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia juga seorang wirausaha muda berprestasi tingkat nasional. Ia menjelaskan, peningkatan pendidikan bisa dilakukan melalui pengembangan program sekolah unggulan. “Saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi. Sekolah bisa unggul dengan memanfaatkan itu,” jelasnya.

Untuk itulah, Soni Trison menegaskan perlunya desain pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan. Mutu lebih menekankan pada kegembiraan dan kebahagiaan. “Jadi, seorang pendidik harus memikirkan input, proses dan ouput yang dihasilkan sekolah seiring dengan perkembangan teknologi sekarang,” tutupnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy