Pemilihan Wakil Wali Kota Kendari Digelar Hari Ini – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pemilihan Wakil Wali Kota Kendari Digelar Hari Ini

dr.Siska Karina Imran – Adi Jaya Putra

KENDARIPOS.CO.ID — Skenario drama politik pemilihan Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari di penghujung cerita. Hari ini adalah babak penentuan. dr.Siska Karina Imran ataukah Adi Jaya Putra (JP) yang menjadi pendamping Wali Kota Kendari, Sulkarnain ?

35 anggota DPRD Kota Kendari akan memilih Wawali Kendari, hari ini. Merekalah penentu mutlak dalam bilik suara.
dr. Siska dan Adi JP sama-sama percaya diri, sama-sama sudah membangun komunikasi politik dengan parpol maupun anggota dewan pemilik suara. Hasil akhir dari semua perjalanan dan komunikasi politik akan tersaji hari ini dibalik gedung megah DPRD Kendari.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, Pilwawali Kendari ini adalah pemilihan yang ketiga yang pernah dilaksanakan di DPRD di Indonesia dan untuk pertama kalinya dilaksanakan di Sultra. “Secara nasional, kita daerah ketiga yang menyelenggarakan pemilihan wakil kepala daerah di DPRD. Sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di Sukabumi dan Cirebon. Kalau di Sultra ini yang pertama kalinya,” ujarnya kepada Kendari Pos, Rabu (4/3).

Pelaksanaan pemilihan di DPRD diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018. DPRD diamanatkan memilih wakil kepala daerah dalam hal terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan.

Subhan menyebut ada dua opsi pemilihan, yakni melalui musyawarah mufakat atau melalui one man one vote (mencoblos). Hal itu sesuai PP Nomor 21tahun 2018 dan berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPRD Kota Kendari Nomor 20/Panlih/2020 tentang tata cara pemilihan dan perlengkapan Pilwawali Kendari.

“Dalam Pilwawali ini kita gunakan metode one man one vote dikarenakan musyarawah mufakat tidak ada titik temu kemarin. 35 anggota DPRD Kendari berhak menyalurkan hak suaranya,” jelas politisi PKS itu.

Subhan mengungkapkan, sebagian besar tahapan pemilihan telah dilaksanakan mulai menerima surat usulan dari Wali Kota Kendari perihal usulan cawawali pada 28 Januari lalu hingga pemilihan yang digelar hari ini, yang meliputi pemungutan, penghitungan dan penetapan hasil pemungutan suara. Guna menjamin kelancaran Pilwawali, kata Subhan, pihaknya membentuk panitia Pilwawali yang beranggotakan 11 orang dan satu sekretaris non anggota dewan. Selain ada terdapat 8 saksi dari perwakilan fraksi-fraksi.

Pengamat politik Sultra, Dr.Muh Najib Husain berpendapat bahwa Siska punya kans besar menjadi kampiun Pilwawali. Analisisnya bahwa saat ini Siska telah mengantongi 18 dukungan (suara) dari fraksi pendukungnya di parlemen Kendari. 18 dukungan itu, kata Najib, berasal dari dukungan dari partai pengusungnya (PAN) 5 suara. Ditambah Gerindra 4 suara, Nasdem 4 suara dan menyusul hari ini (kemarin, red) dukungan dari PDIP sebanyak 5 suara.

“Sebelum didukung PDIP, Siska hanya butuh lima suara. Nah, saat ini Siska mendapat dukungan dari PDIP jadi total perolehan suaranya sudah 18 suara. Atas dasar itu, Siska punya kans besar untuk memenangkan pilwawali,” analisa Najib, kemarin.

Kalau Siska menang, tidak lain karena dukungan yang dimiliknya
itu adalah dukungan yang bulat. “Para parpol yang memilihnya bersatu dan tidak ada kabar perpecahan. Beda dengan Adi JP yang sepertinya suaranya terpecah-pecah. Mungkin karena Adi JP tidak didukung langsung oleh Golkar, tetapi lebih banyak didorong oleh PKS. Itu pada akhirnya membuat Golkar yang seharusnya solid mendukung Adi JP, itu terkesan hanya setengah hati dalam pertarungan ini,” kata Najib.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kata Najib, didetik-detik terakhir, Adi JP melalui PKS dan Golkar bisa menghimpun kekuatan dengan mengamankan suara tersisa yakni dari Fraksi DKI. Meskipun memang masih tertinggal satu suara dengan Siska. “Tapi politik itu dinamis. Semua bisa terjadi. Apalagi dipemilihan dengan metode one man one vote itu semua bisa terjadi. Tapi harapan kita, siapapun yang memenangkan pertarungan ini, setidaknya bisa mendampingi wali kota menjalankan pemeritahan di Kendari. Kemenangan salah satu calon dalam pilwawali ini adalah kemenangan kita semua, kemenangan masyarakat Kota Kendari dalam berdemokrasi,” kata Akademisi Fisip Universitas Halu Oleo (UHO) itu.

Peluang Siska memenangkan Pilwawali kian terbuka lebar. Secara mengejutkan, kader Golkar di DPRD Kendari, La Ode Azhar terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Siska. Padahal, Golkar Kendari baru saja melaksanakan konsolidasi kedua untuk memenangkan Adi JP.

Azhar beralasan memilih Siska karena sampai hari ini (kemarin, red), da belum mendapatkan instruksi atau arahan dari DPP Golkar perihal dukungan kepada Adi JP. “Saya tidak pilih AJP dan saya memilih Siska. Ini dengan besar hati saya lakukan karena hak politik saya. Ini juga bisa jadi pembelajaran bagi teman maupun kader di Golkar bahwa kalau memilih harus sesuai keputusan DPP. Karena tidak ada keputusan DPP makanya saya pilih Siska,” cetus Azhar, kemarin (4/3).

Di hari yang sama, DPC Perindo Kota Kendari menyatakan dukungannya kepada Adi JP. Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Perindo Kendari, Nekwan. Keputusan itu berdasarkan hasil pleno yang dilaksanakan bersama anggota partai. “Kami segenap pengurus DPC Perindo Kendari mendukung Adi JP sebagai Wawali. Keputusan ini kami sudah informasikan kepada dua wakil kami di dewan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih. Kami juga sudah sampaikan ke DPD dan DPP sebagai laporan,” ujarnya.

Belakangan, dukungan Perindo berubah haluan. Semalam Perindo mengalihkan dukungan kepada Siska. Kader Perindo di DPRD Kendari, Hasbulan dan Hamidah Sudu diperintahkan mendukung Siska. Hal itu berdasarkan surat keputusan Nomor 148/SK/W.1/DPW-Perindo/Sultra/III/2020. Surat itu yang diteken Ketua DPW Perindo Sultra, Jaffray Bittikaka dan Sekretaris DPW Perindo Sultra, Aryo Wira Setiawan. “Memerintahkan kepada Hasbulan dan Hamidah Sudu untuk melaksanakan dan mematuhi keputusan ini serta memberikan dukungan kepada dr.Hj.Siska Karina Imran pada pemungutan suara Wawali Kota Kendari, 5 Maret 2020,” bunyi salah satu diktum SK DPW Perindo Sultra. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy