Pemerintah Pusat Support Pemda Realokasi APBD – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemerintah Pusat Support Pemda Realokasi APBD

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah pusat telah memberi kelonggaran kepada Pemda mengutak atik APBD-nya. Hal ini sebagai upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Pemda dapat menggeser beberapa pos anggaran seperti perjalanan dinas, belanja non operasional, honor-honor, dana yang terblokir, dan output cadangan. Meski begitu, ia meminta pemda jangan sampai terlena dengan kebijakan baru ini, sehingga abai melakukan pengawasan.

Anggota Komisi II DPRD Sultra, Rasyid mendukung langkah Pemprov jika lakukan realokasi anggaran. Menurutnya, Gubernur Sultra perlu melakukan revisi APBD 2020 secepatnya. “Ini keadaan darurat. Selain itu kebijakan sebagai dasar hukum telah banyak dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Jadi, bukan persoalan sulit untuk merelokasi APBD yang diperuntukan untuk penanganan covid 19 di Sultra,” kata Rasyid, kemarin.

Menurut Politisi PKS ini, DPRD sangat menyetujui revisi APBD tersebut. “Prinsipnya, yang penting jelas dan transparan. Semua yang dilakukan pasti ada buktinya. Terlebih yang dilakukan ini, demi menyelamatkan jiwa dan nyawa masyarakat Sultra. Kita tinggal tunggu seperti apa kesiapan dari pemerintah,” jelasnya.

Tak hanya Pemprov, sebelumnya, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir telah lebih dulu melakukan itu. Dia meminta seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) memperhatikan pertanggung jawaban penggunaan anggaran dalam menjalankan tugas memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Itu dikarenakan, adanya kelonggaran perihal penggunaan anggaran penanganan Covid-19. Sebab, tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab.

“Saya minta OPD yang berada digaris terdepan dalam penanganan wabah ini, agar proaktif bertanya tentang pertanggung jawaban penggunaan anggaran. Misalnya bertanya kepada Inspektorat dan BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah). Jangan nanti tersesat baru bertanya,” tegas Sulkarnain, kemarin. (b/ags/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy