Pembekalan Petugas Haji Nonkloter Ditunda – Kendari Pos
Nasional

Pembekalan Petugas Haji Nonkloter Ditunda

Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi H. Dasir (berkacamata kalung pita biru) melakukan inspeksi petugas haji Arab Saudi saat apel pagi Pembekalan Terintegrasi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta pada musim haji tahun 2019.

KENDARIPOS.CO.ID — Perkembangan kasus korona di tanah air mempengaruhi persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Salah satunya, penundaan pelaksanaan pembekalan petugas haji. Rencana awal, pembekalan petugas haji non kloter dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, mulai 10 April.

Seleksi tahap akhir sudah dilaksanakan pada 18 Maret. Pelamar yang lolos akan mengikuti pembekalan selama sepuluh hari terkait dengan pelayanan haji dan aspek lainnya.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Hubungan Antar Organisasi Kemasyarakatan, Sosial, dan Komunikasi Publik Ubaidillah Amin belum bisa menjelaskan dengan detail waktu pelaksanaan pembekalan tersebut. ’’Kita lihat perkembangannya,’’ katanya kemarin (22/3).

Meski begitu, pria yang akrab disapa Gus Ubaid itu menyatakan bahwa Kemenag tetap dengan skema selama ini. Yakni, pembekalan atau pelatihan petugas haji nonkloter dilakukan secara langsung di Asrama Haji Pondok Gede.

Kemenag, kata dia, berharap pandemi Covid-19 segera selesai. Namun, Gus Ubaid mengatakan bahwa pemerintah Indonesia sudah siap dengan apa pun keputusan pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan haji tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi –seperti Indonesia– sedang berjuang menanggulangi wabah korona. Data per 22 Maret, jumlah kasus positif virus korona di Saudi mencapai 511 kasus. Dengan penambahan jumlah kasus baru mencapai 119 kasus. Dari total kasus tersebut, 17 pasien dinyatakan sembuh. Hingga kemarin belum ada laporan kasus kematian akibat virus korona di sana.

Sementara itu, kemarin Menteri Agama Fachrul Razi menyerahkan satu unit gedung di dalam kompleks Asrama Haji Pondok Gede kepada RS Haji Jakarta untuk gedung isolasi pasien wabah Covid-19. Gedung yang diserahkan itu baru selesai dibangun dan didanai dari surat berharga syariah negara (SBSN).

Lokasi gedung itu dekat dengan RS Haji Jakarta. Gedung tersebut lumayan jauh dari gedung-gedung asrama calon jamaah haji yang ada di bagian belakang kompleks asrama haji. ’’Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu dalam penanggulangan Covid-19,’’ kata Razi. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy