Pembangunan Jalan Lingkar Luar On The Track Jadi Prioritas – Kendari Pos
Metro Kendari

Pembangunan Jalan Lingkar Luar On The Track Jadi Prioritas

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan jalan lingkar luar atau outer ring road Kota Kendari tetap menjadi prioritas Pemkot Kendari. Sesuai target proyek senilai Rp 422 miliar bakal dituntaskan tahun 2021. Hingga kini, proyek yang dibiayai APBD Kota Kendari ini telah mencapai 40 persen. Dengan sisa dua tahun masa anggaran, Pemkot Kendari optimis proyek multiyears bisa dirampungkan.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan ring road merupakan salah satu proyek straregis pemerintah. Hingga kini, progresnya masih berlanjut. “Semua jalur sudah terbuka. Hanya saja, belum semuanya teraspal. Namun akan kami lakukan secara bertahap. Insyah Allah, sebelum masa kepemimpinan berakhir itu (Jalan Ringroad) sudah tuntas,” ujarnya.

Jalur ring road kata Ketua DPC PKS Kota Kendar ini, cukup strategis. Sebab jalur lingkar luar itu akan menggenjot perekonomian ibukota provinsi ini. Apalagi saat ini sudah ditunjang dengan pengoperasian KNP. “Saya yakin ekonomi kita akan tumbuh pesat dengan jalan ringroad ini. Plus yang paling penting bisa mengurangi kemacetan dikarenakan seluruh kendaraan roda banyak diwajibkan berada pada jalur ringroad dan bukan dijalan kota,” kata Sulkarnain.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Abdul Malik mengatakan pembiayaan proyek ring road menggunakan sistem multiyear. Setiap tahun, anggarannya dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. Hingga kini, progres pengerjaannya baru mencapai 40 persen. Panjang jalan yang dibangun sekitar 40 kilometer (km)

“Sebenarnya pekerjaan tidak ada masalah. Hanya saja dalam berjalannya pekerjaan, terkadang ada penyesuaian anggaran. Apalagi saat ini merebak virus Corona. Bukan tidak mungkin ada penyesuaian. Sebab, pemerintah tentu lebih mengutamakan aspek kesehatan masyarakat. Tapi kami harap tidak ada penyesuaian sehingga pembangunan bisa berlanjut untuk kemudian dituntaskan pada tahun depan (2021),” ungkapnya.

Ia lalu merinci proyek pembnagunan jalan ringroad ini terdiri dari enam paket pekerjaan. Pertama, pembangunan Outer Ringroad Jembatan Kuning -Tobimeita sepanjang 3,6 km dengan progres 40 persen. Kedua, pembangunan Jalan Batas Kota Tabanggele (Puuwatu) 2,9 km progresnya 39 persen. Ketiga, pembangunan jalan Simpang Tiga Dangga (Jalan Budi Utomo P2ID) 5,5 km dengan progres 38 persen.

Paket keempat sambungnya, pembangunan Jalan Outer Ringroad Kelurahan Tobi Meita – Jalan Haluoleo 5,6 km progresnya 52,50 persen. Kelima Pembangunan Jalan Bungkutoko -Kendari New Port (KNP) 1,3 km progresnya 53 persen. Keenam, Pembangunan Jalan Akses KNP -Nambo sepanjang 1,4 km dengan progres 37,2 persen. “Jadi progresnya baru sekitar 40 persen,” ulangnya pertegas.

Saat ditanya soal berapa anggaran dari masing-masing paket pekerjaan itu, Abdul Malik enggan menyebutkan. Yang jelasnya kata dia, semua sudah dianggarkan dan pekerjaan masih sementara berlangsung. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy