Pelunasan BPIH Calon Haji Sultra Dimulai, Embarkasi Makassar Paling Mahal – Kendari Pos
Metro Kendari

Pelunasan BPIH Calon Haji Sultra Dimulai, Embarkasi Makassar Paling Mahal

KENDARIPOS.CO.ID — Calon jamaah haji Sultra wajib merogoh kocek Rp.38.352.602 (Rp 38,3 juta) untuk berangkat haji ke Tanah Suci, Makkah. Besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1441 Hijriah atau tahun 2020 Masehi sudah dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2020 tertanggal Maret. Keppres BPIH diterbitkan setelah Kementerian Agama dan DPR RI menyepakati besaran biaya haji tahun ini pada 30 Januari 2020. Keppres ini mengatur Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), untuk jemaah haji reguler, serta Petugas Haji Daerah (PHD) dan Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). Setelah Keppres BPIH terbit, maka tahapan selanjutnya adalah pelunasan BPIH oleh jemaah haji.

“Pelunasan masih menunggu terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA). Rencananya, pelunasan tahap pertama akan dimulai hari ini, 19 Maret 2020. Pelunasan BPIH ini harus dilakukan dengan mata uang rupiah sesuai petunjuk dari kami,” ujar Lamaidu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sultra, Rabu (18/3). Lamaidu mengungkapkan, Ditjen PHU sudah merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak melunasi BPIH Reguler 1441H/2020M yang bisa diakses jamaah melalui www.kemenag.go.id. “BPIH disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH, baik secara tunai atau non teller,” jelasnya. Adapun Jemaah haji yang meninggal dunia setelah ditetapkan berhak melunasi BPIH, dapat dilimpahkan porsinya kepada keluarga sesuai ketentuan.

Lamaidu menambahkan, khusus di Sultra, jamaah yang wajib melunasi BPIH sebanyak 2.019 orang. Itu sesuai kuota yang diberikan Kemenag RI yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 121 Tahun 2020. Sultra mendapat kuota sebesar 1 persen dari jumlah penduduk muslimnya (penduduk muslim Sultra 2,4 juta jiwa, red). “Idealnya kuota haji Sultra sebesar 2.400. Hanya saja ada penyesuaian dari Pemerintah Arab Saudi jadi hanya 2.100 saja,” ungkap Lamaidu.

Lamaidu menyebut biaya haji yang harus dibayarkan calon jamaah haji asal Sultra sebesar Rp 38,3 juta. Sedangkan untuk Petugas Haji Daerah (PHD) dan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), wajib membayar Rp 72,3 juta. “Kalau biaya haji itu tergantung embarkasinya dimana. Itu dihitung berdasarkan kedekatan atau jarak tempuh penerbangan antara embarkasi di Indonesia dengan Jeddah. Dan embarkasi Makassar paling mahal,” ungkap Lamaidu. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy