Pelayanan Dukcapil Kendari Tetap Buka : Urus KK dan KTP-el Bisa Lewat Whatsapp – Kendari Pos
Metro Kendari

Pelayanan Dukcapil Kendari Tetap Buka : Urus KK dan KTP-el Bisa Lewat Whatsapp

Proses perekaman e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari masih membuka layanan publik pengurusan data kependudukan (Kartu Keluarga dan KTP-el). Hanya saja, bentuk pelayanannya berbeda dari sebelumnya. Di mana masyarakat hanya bisa melakukan pengurusan via media sosial Whatsapp (WA)

“Sejumlah kebijakan mencegah menyebarluasnya wabah virus corona tetap ditempuh. Seperti tidak beraktifitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, serta melaksanakan pekerjaan dari rumah (Work to Home). Oleh karena itu, saat ini kami buka pelayanan lewat WA,” ungkap Asni Bonea, Kepala Disdukcapil Kota Kendari, kemarin.

Asni menjelaskan, masyarakat yang hendak mengurus KK dan KTP-el, cukup menghubungi kontak petugas disdukcapil yang tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di Kendari. “Setiap hari, petugas kami stanby mulai pukul 08.00 – 11.30 Wita. Mereka akan langsung merespon pesan masyarakat. Nanti mereka akan arahkan apa-apa saja yang harus disiapkan oleh pengurus,” kata Asni.

Adapun kelengkapan berkas yang harus disiapkan lanjut Asni, untuk pengurusan KK bagi keluarga baru (pasangan yang baru menikah) cukup menyiapkan surat pengantar dari RW lalu kemudian mengirimkan operator Disdukcapil untuk kemudian dilakukan pencetakan. “Nanti kalau sudah jadi akan dihubungi oleh petugas kami. Tapi perlu diingat, sebelum mengambil data kependudukannya wajib membawa copian dokumen untuk kami jadikan arsip,” jelasnya.

Untuk pengurusan KTP-el bagi mereka yang berusia 17 tahun kata Asni, masyarakat cukup mengirimkan foto KK kepada petugas kami untuk kemudian dilakukan verifikasi dan pemanggilan untuk perekaman dan pencetakan. “Berdasarkan Perpres Nomor 96 Tahun 2018, cara membuat KTP-el cukup melampir fotocopy KK ke petugas kami. Nanti dipanggil, direkam kemudian dicetak. Prosesnya cepat dan tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Asni.

Selain melayani pengurusan dokumen kependudukan, pihaknya juga melayani pembuatan akta pencatatan sipil, kemudian pencetakan KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), keterangan pindah-datang, juga update, restore dan konsolidasi data serta layanan permintaan data. “Semua prosesnya sama via WA,” bebernya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy