Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA di Sultra Capai 90 Persen – Kendari Pos
Edukasi

Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA di Sultra Capai 90 Persen

Siswa pada salah satu SMA di Kendari saat mengikuti simulasi UNBK, beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sultra tahun 2020 ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pasalnya, dari data sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK di Sultra telah mencapai 90 persen, yang sebelumnya hanya 85 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengungkapkan bahwa untuk tahun ini, pelaksana UNBK SMA di Sultra sudah diangka 90 persen. Meskipun angka ini belum berada pada angka 100 persen, namun setidaknya jumlah sekolah yang akan melaksanakan sudah mengalami peningkatan.

“Ada bebrapa sekolah yang ada di Sultra yang belum bisa melaksanakan UNBK, hal tersebut di karenakan akses internet yang begitu susah dan sulit untuk dijangkau sama sekali . Ini dikerenakan tempat sekolah tersebut ada dibagaian pelosok atau pedalaman dimana susah untuk terkoneksi dengan jaringan internet. Seperi dibeberapa sekolah yang ada di Kabupaten konawe, Konawe Utara dan Buton Utara,” bebernya, Jumat (28/2) lalu.

Berbeda dengan SMA, pelaksanaan UNBK untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sultra, sejak 2019 lalu sudah melaksanakan UNBK 100 persen, sehingga ditahun 2020 ini pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMK tetap 100 persen. “Kalau untuk SMA sekitar 10 persen sekolah yang belum mengikuti UNBK,” tuturnya.

Asrun juga menuturkan, pelaksanaan UNBK merujuk pada jadwal secara nasional. Pada SMK dijadwalkan akan dimulai pada tanggak 16 sampai 19 Maret, sedangkan SMA/MA 30 Maret sampai 2 April 2020 mendatang. “SMK lebih awal ujian nanti, tapi Untuk UNBK susulan SMK dan SMA/MA bersamaan jadwal yakni 7-8 April 2020,” ucapnya.

Ia berharap, pelaksanaan UNBK nanti bisa berjalan dengan baik, karena pelaksanaan UNBK ini dapat mencerminkan dan meningkatkan kualitas sekolah dan siswanya ke depannya. “Untuk memaksimalkan UNBK ini, kami bakal melakukan pemantauan pada saat pelaksanaan ujian,” tandas pengganti Damsid ini. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy