Pekan QRIS Dimulai Hari Ini – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Pekan QRIS Dimulai Hari Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sultra terus mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Untuk meningkatkan penggunaan transaksi non tunai melalui QRIS, BI Sultra menggelar Pekan QRIS Nasional di pelataran Eks MTQ pada tanggal 13-15 Maret 2020. Selain di Sultra, Pekan QRIS juga serentak dilakukan di 46 kantor perwakilan Bank Indonesia lainnya.

Sejumlah pelaku UMKM mengikuti kegiatan sosialisasi QRIS yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara, Kamis (12/3).

Pelaksanaan pekan QRIS akan diisi dengan kegiatan bazar kuliner, vlogging and selfie hunting competition, music performance, pembagian doorprize, serta kegiatan fun bike. Ada pula aksi donasi masjid menggunakan sistem pembayaran melalui QRIS.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah mengatakan, pelaksanaan Pekan QRIS Nasional 2020 menyusul peluncuran yang telah dilakukan Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019 lalu. “QRIS secara nasional wajib diimplementasikan per 1 Januari 2020,” ujar Surya Alamsyah, kemarin.

Lanjut dia, salah satu keunggulan QRIS yakni antar aplikasi pembayaran, baik bank ataupun nonbank sudah saling terhubung dengan mudah. Karenanya, penggunaan QRIS dinilai dapat mendorong kemajuan sektor UMKM dengan mempercepat akses keuangan berupa kemudahan transaksi dan efisiensi. QRIS dapat membantu peningkatan aktivitas inklusi ekonomi sehingga diharapkan bisa mendorong transaksi para merchant. QRIS menyediakan alternatif metode pembayaran sehingga memungkinkan customer memperluas pangsa pasar yang berpotensi meningkatkan omset penjualan.

Selain itu, penggunaan QRIS juga dapat menghilangkan potensi kerugian akibat penerimaan pembayaran menggunakan uang palsu, sebab hasil penjualan tercatat otomatis dan uangnya langsung tersimpan di bank serta dapat dimonitor setiap saat melalui aplikasi. “Masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman menggunakan ponsel. Transaksi dengan QRIS prosesnya cepat sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran,” terangnya.

Mengenai cara penggunaan, pedagang cukup menempelkan satu stiker barcode. Sementara, konsumen yang akan membayar secara digital hanya perlu melakukan scan barcode dari penyedia jasa sistem pembayaran. Saat ini ada sejumlah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang telah memiliki persetujuan menyelenggarakan QRIS. Misalnya Ovo, Gopay, LinkAja, dan beberapa perbankan.

Surya menyebut, saat ini telah ada 8.000 pendaftar QRIS di Sultra. Namun baru 800 merchant (pelaku usaha) yang tercatat menggunakan QRIS. “Pengguna yang tercover baru 10 persen dari total pendaftar. Jumlah ini akan terus kita dorong,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy