Peduli Lingkungan, SMAN 4 Kendari Usung Konsep Rainbow Garden – Kendari Pos
Edukasi

Peduli Lingkungan, SMAN 4 Kendari Usung Konsep Rainbow Garden

Siswa-siswi SMAN 4 Kendari sangat antusias dengan program Rainbow Garden yang diusung pihak sekolah kerja sama dengan Tim Sekolah Sehat, Tim Adiwiyata Mandiri dan Tim Sekolah Ramah Anak.

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 4 Kendari tak hentinya berinovasi. Bukan hanya dalam meningkatkan kemampuan akademik siswanya, sekolah besutan Ruslan, S.Pd., M.Pd itu rupanya juga berinovasi dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolahnya dengan menggelar Event One Study One Flower, kemarin.

Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan program sekolah sehat berinovasi yang melahirkan sebuah konsep namanya “Rainbow Garden”. Konsep tersebut menekankan setiap siswa membawa satu bunga dan dimana jenis bunganya sudah ditentukan. “Nanti siswa yang menanam siswa pula yang nantinya akan memelihara,” kata Ruslan.

Adapun target yang ingin dicapai kata Ruslan, adalah terciptanya sebuah taman indah yang selama ini hanya sebuah lahan yang kumuh terletak di belakang sekolah. Tempat tersebut juga, sambung Ruslan, akan dibuat sebuah kolam dan tembok yang tinggi yang nantinya akan dibuat lagi Vertical Garden.

Kegiatan ini merupakan partisipasi antara siswa dan melibatkan juga orang tua. Kegiatan ini juga terelenggara berkat Kerjasama Tim Sekolah Sehat, Tim Adwiyata Mandiri dan Tim Sekolah Ramah Anak dibantu Orde Basis dan Pramuka serta Sispala yang ahli dalam kegiatan seperti ini,” kata Ruslan.

Ia berharap, kegiatan yang mengusung konsep Rainbow Garden ini bisa menjadi kegiatan berkelanjutan yang nantinya akan tercipta sebuah taman yang bisa dikunjungi oleh masyarakat dan kedepan bagi orang tua yang mengunjungi anaknya di SMA Negeri 4 Kendari bisa langsung berekreasi hingga komunikasi antara anak dan orang tua bisa lebih terjalin dan nantinya juga akan kami siapkan sebuah ruangan santai ditempat tersebut.

“Untuk Sultra, baru kami yang melakukan hal ini dan diharapkan semua partisipasi aktif baik itu guru siswa pegawai termasuk orang tua terlibat dan berpartisipasi secara langsung,” kata Ruslan.

Dikesempatan yang sama, Perwakilan Tim Sekolah Sehat St. Zuraidah Datu. S.Ag., M.Pd., mengapresiasi konsep tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut sangat positif yang bertujuan menumbuhkan kecintaan siswa pada lingkungan.

“Dalam kegiatan hari ini bunga yang terkumpul adalah kurang lebih 1.500 pohon. Alhamdulillah kegiatan berjalan sesuai dengan rencana. Lokasi SMA Negeri 4 Kendari mempunyai titik titik yang masih kosong difokuskan bisa menjadi Rainbow Garden yang diharapkan bisa menjadi tempat untuk pembelajaran luar kelas,” (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy