Peduli Korban Banjir, BPBD Konawe Bangun 108 Unit Huntap – Laman 2 – Kendari Pos
Konawe

Peduli Korban Banjir, BPBD Konawe Bangun 108 Unit Huntap

Antisipasi Bencana, Masyarakat Diimbau Tak Rambah Hutan

Musim penghujan mulai melanda sebagian besar wilayah Sultra tanpa terkecuali di Kabupaten Konawe. Intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi hampir sepekan terakhir di daerah penghasil padi terbesar di Sultra tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe meminta warga setempat untuk melakukan langkah antisipasi menghadapi kemungkinan musibah banjir yang kerap terjadi kala musim penghujan tiba. Salah satunya, mengimbau warga menghentikan aksi perambahan hutan di wilayah Konawe.

Kepala BPBD Konawe, Ameruddin mengatakan tidak hanya intensitas hujan yang tinggi, aksi penebangan pohon di hutan yang dilakukan warga secara masif, menjadi penyebab utama banjir di Konawe. Buktinya, perambahan hutan di tahun 2019 membuat daerah resapan air menjadi berkurang. Akibatnya, saat hujan melanda Konawe selama berhari-hari, musibah banjir tak bisa dihindarkan lagi lantaran wilayah hutan mulai terkikis dan tak mampu menyerap debit air hujan secara maksimal.

“Kalau hujannya sebentar mungkin tidak terlalu berpengaruh. Tapi kalau sudah berhari-hari, air dari atas pasti turun ke wilayah daratan Konawe dan membuat banjir,” tuturnya.

Ameruddin mengungkapkan sebagian besar wilayah Konawe rentan terjadi banjir saat musim hujan melanda dengan intensitas tinggi. Namun ada satu wilayah sebutnya, yang menjadi daerah paling rawan terkena banjir yakni di Desa Watarema Kecamatan Lambuya. Selain hal itu, Hasman juga membeberkan, pihaknya telah menyiagakan satu posko tanggap darurat bencana banjir yang berada di kantor BPBD Konawe. Pihaknya pun gencar melakukan sosialisasi kesiapsiagaan bencana banjir kepada warga untuk menginfokan lebih dini kepada warga hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan banjir terjadi di Konawe.

“Beberapa waktu lalu, kita juga sudah melakukan apel kesiapsiagaan bersama unsur Forkopimda Konawe. Secara personil dan kelengkapan lainnya kita sudah siap. Hanya kan namanya musibah apalagi banjir, pasti kita semua tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi,” ungkap Ameruddin. (c/ags/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy