Peduli Korban Banjir, BPBD Konawe Bangun 108 Unit Huntap – Kendari Pos
Konawe

Peduli Korban Banjir, BPBD Konawe Bangun 108 Unit Huntap

Kepala BPBD Konawe, Ameruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe menjadi salah satu wilayah terdampak parah bencana banjir pertengahan tahun lalu. Tak hanya trauma, derasnya air bah bahkan menyapu 108 rumah warga yang tersebar di delapan kecamatan di Konawe. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe berencana untuk membangunkan kembali 108 hunian tetap (huntap) bagi warga yang rumahnya hanyut itu lewat skema pembiayaan yang dibantu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Kepala BPBD Konawe, Ameruddin mengungkapkan bahwa pasca masa tanggap darurat banjir Konawe berakhir, pihaknya langsung melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak maupun hanyut oleh banjir. Proses pendataan dilakukan selama tiga bulan, sejak Juli-Oktober tahun lalu. Hasilnya, BPBD Konawe mencatat ada 108 rumah warga di 8 kecamatan yang bangunannya telah rata dengan tanah.

“108 rumah itu yang akan kita bangun kembali huntap-nya. Kita sudah usulkan ke BNPB RI. Bulannya, saya belum bisa pastikan. Tapi, Insya Allah tahun ini akan terealisasi” ujar Ameruddin kepada Kendari Pos.

Ia menambahkan, duit yang dibutuhkan untuk membangun 108 huntap itu berjumlah sekira Rp 1,8 miliar. Satu unit rumah, lanjutnya, akan dibantu biaya pembangunan sebesar Rp 17 juta. Ameruddin menyebut, huntap tersebut hanya diperuntukkan khusus bagi warga yang rumahnya masuk kategori rusak berat semisal bangunan rumah yang hanyut terbawa banjir beberapa bulan lalu. Sementara, bagi warga yang rumahnya mengalami rusak ringan maupun sedang, tidak mendapat bantuan pembangunan huntap tersebut.

“Terakhir, kami juga sudah melakukan kunjungan ke wilayah terdampak untuk membuatkan berita acara dengan warga yang menjadi korban. Isinya, pernyataan lokasi yang akan dibangunkan itu telah bersertifikat dan bukan lahan kepemilikan orang lain. Satu lagi, untuk pengerjaan huntap itu nantinya akan dilakukan oleh pihak ketiga,” ungkap Ameruddin. (b/ags/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy