Pasien Positif Korona di Sultra Mulai Membaik, Pemprov Kompak Sembunyikan Riwayat Pasien – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pasien Positif Korona di Sultra Mulai Membaik, Pemprov Kompak Sembunyikan Riwayat Pasien

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra membenarkan 3 warga Sultra positif terjangkit korona atau virus corona disease 2019 (Covid-19). Ketiga pasien itu terdiri dari laki-laki berusia 41 tahun, dan dua perempuan berusia 32 tahun dan 25 tahun. Namun, Pemprov Sultra belum mau membeberkan secara detail terkait riwayat perjalanan ketiga pasien tersebut. Juru bicara gugus tugas Covid-19 Sultra, dr.Rabiul Awal mengaku tidak bisa mengungkapkan secara detail terkait informasi 3 pasien positif Covid-19 yang kini dirawat di RS Bahteramas. “3 pasien yang kini dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Bahteramas dan positif korona,” ujarnya saat konferensi pers di rumah jabatan Gubernur Sultra, Kamis (19/3) malam.

dr.Rabiul Awal memastikan kondisi terkini ketiga pasien itu mulai membaik. Bahkan tidak membutuhkan bantuan oksigen sama sekali. “Informasi yang berkembang bahwa salah satu dari tiga pasien meninggal dunia, itu tidak benar. Itu hoaks. Hasil laboratoriumnya secara klinis, mereka layak dipulangkan,” terangnya. Disinggung lebih jauh terkait riwayat perjalanan dan riwayat penyakit ketiga pasien tersebut, dr.Rabiul Awal enggan mengungkapkan lebih detail. Alasannya, dia hanya ditugaskan untuk memberikan informasi kebenaran adanya tiga pasien positif Covid- 19. “Mereka masuk pada tanggal 9 dan 10 Maret. Hanya itu saja, yang bisa kita sampaikan. Untuk selebihnya, secara lengkap akan disampaikan oleh gubernur besok (hari ini,red),” kata dr.Rabiul Awal.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kesehatan, dr Andi Hasnah mengungkapkan 3 pasien positif Korona itu merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang berjumlah 5 orang. “Ini dari data kemarin sudah diungkapkan. 3 pasien ini merupakan hasil pemeriksaan di labolatorium di Jakarta dan hasilnya positif. Sedangkan dua lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan dari Makassar,” terangnya.

Meski ketiga pasien sudah membaik, namun belum bisa dipulangkan. “Bisa dipulangkan setelah dua kali pemeriksaan lanjutan dan hasilnya dinyatakan negatif,” tegasnya. Dicecar pertanyaan oleh awak media terkait riwayat perjalanan dan daerah asal ketiga pasien, dr.Rabiul Awal dan dr.Andi Hasnah bergeming. Keduanya kompak menolak menyebutkan. “Nanti akan disampaikan oleh gubernur. Terimakasih,” tutup dr.Rabiul Awal.

Pada kesempatan terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain memastikan ada satu warganya yang positif terjangkit Korona. Namun, keterbatasan kewenangannya, Sulkarnain tidak bisa mengungkapkan detail informasinya. “Kondisinya dalam perawatan RS Bahteramas. Namun untuk detailnya saya tidak berwenang memberikan keterangan,” ujarnya. (yog/ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy