Palsukan Surat Tanah, Dua Oknum ASN Ditahan – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Palsukan Surat Tanah, Dua Oknum ASN Ditahan

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Tipikor Reskrim Polres Kendari menetapkan dua tersangka kasus dugaan Korupsi Pengadaan Tanah dalam Kegiatan pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di sekretariat Konawe Kepulauan (Konkep) tahun 2016. Dua tersangka merupakan oknum ASN. Keduanya diduga memalsukan surat bukti kepemilikan tanah untuk pembayaran lokasi TPA. Berdasarkan hasil audit, Polisi menemukan adanya kerugian Negara sebesar Rp 300 Juta.

Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto menyebutkan dua tersangka memiliki peran yang berbeda. Tersangka Hasrudin bertindak sebagai Panitia pengadaan Tanah, sementara itu Mukmin adalah Kepala Seksi Kebersihan Kantor Lingkungan Hidup Konkep. Modus operandi, kedua pelaku memalsukan surat bukti kepemilikan tanah untuk pembayaran lokasi TPA yang berada di Kecamatan Wawoni Tengah.

Dua oknum ASN (baju tahanan) resmi ditahan. Keduanya diduga memalsukan surat bukti kepemilikan tanah untuk pembayaran lokasi TPA. Berdasarkan hasil audit, Polisi menemukan adanya kerugian Negara sebesar Rp 300 Juta.

Dari pemalsuan ini, keduanya mendapat duit sebesar Rp 150 juta dan Rp 120 juta. Kasus ini terbongkar setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat. “Setelah kita audit pada kegiatan tersebut, terdapat temuan sebesar Rp 300 juta,”tutur Kapolres Kendari. Kasus ini tambahnya telah diseldiki sejak tahun 2019. Polisi mendapatkan informasi dari masyarakat dan mendalami dugaan pemalsuan sertifkat tanah tersebut. Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 2 dan pasal 3 Undang-undang (UU) nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi. “Dalam kasus ini, kedua tersangka ditahan di Polres Kendari,”katanya. (c/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy