Pajak Industri di Indonesia Timur Akan Diringankan – Kendari Pos
Nasional

Pajak Industri di Indonesia Timur Akan Diringankan

Alat Perekam Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Indonesia berencana memberikan fasilitas keringanan pajak penghasilan (tax allowance) dan pembebasan pajak penghasilan (tax holiday) kepada industri di Indonesia bagian Timur. Hal itu dilakukan guna menarik investor membangun usaha di wilayah tersebut.

Kebijakan ini dinilai akan berimplikasi secara positif terhadap aktivitas perekonomian di Kawasan Timur Indonesia (KTI) terutama tumbuhnya kegiatan investasi yang berbasis pada potensi daerah.

Pengamat Ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Syamsir Nur mengatakan, pemberlakuan tax allowance dan tax holiday akan meningkatkan nilai tambah produksi sektor-sektor potensial. “Di lain sisi, tentu akan mengurangi terjadinya disparitas (perbedaan) harga di KTI yang selama ini diperhadapkan dengan jalur distribusi yang tidak efisien atau biasa disebut cost push inflation,” tutur Dr.Syamsir Nur kepada Kendari Pos, Jumat (6/3).

Menurutnya, dengan ketersediaan infrastuktur serta tumbuhnya industri, pasokan kebutuhan barang bagi masyarakat terutama yang ada di kepulauan relatif akan terjangkau. Selanjutnya, akan tumbuh kegiatan masyarakat di sektor hilir yang dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Di Sulawesi Tenggara, kata Dr.Syamsir Nur, kebijakan ini akan berdampak terhadap kinerja ekonomi makro. Diantaranya, akan terjadi peningkatan share sektoral terutama industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, transportasi, informasi dan komunikasi serta sektor sekunder lainnya. “Kita juga berharap sektor pertanian tetap sustain (menopang) sebagai sektor alamiah perekonomian Sultra,” imbuhnya.

Dampak lainnya, akan mengurangi persoalan ketimpangan pembangunan dan pendapatan masyarakat di daerah-daerah kabupaten kepulauan. Kebijakan itu juga dapat memperbaiki gini ratio (tingkat ketimpangan dalam distribusi pendapatan dalam masyarakat) dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat yang ada di kepulauan.

“Rendahnya kinerja ekonomi di daerah kepulauan selama ini disebabkan karena keterbatasan infrastruktur wilayah. Termasuk masih terbatasnya kegiatan investasi. Nah, kebijakan tax allowance sangat berpotensi mengentaskan masalah tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkap pemerintah akan memberikan fasilitas keringanan pajak penghasilan (tax allowance) dan pembebasan pajak penghasilan (tax holiday) kepada industri di Indonesia bagian timur. Hal itu dilakukan guna menarik investor membangun usaha di wilayah tersebut.

“Kami akan berikan tax allowance dan tax holiday kepada industri-industri yang dibangun di Indonesia bagian timur untuk memenuhi industri di Indonesia bagian timur,” ucap Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan.

Dengan banyaknya industri di Indonesia bagian timur, Luhut berharap barang yang diangkut ke kawasan itu tak sebanyak sekarang. Dengan demikian, pengiriman barang ke Indonesia bagian timur bisa menurun. “Jangan terlalu banyak barang dari Jawa diangkut ke sana (Indonesia bagian timur) lagi karena beban biaya tinggi,” terangnya.

Kata Luhut, biaya logistik saat ini terbilang masih mahal. Hal ini karena ketidakseimbangan pengiriman barang dari Indonesia bagian barat ke timur dan sebaliknya.(uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy