OJK Minta Bank Berikan Keringanan Pembayaran Kredit – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

OJK Minta Bank Berikan Keringanan Pembayaran Kredit

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerapkan kebijakan pemberian stimulus bagi perekonomian dengan menerbitkan POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Dengan kebijakan ini, perbankan maupun Industri Keuangan Non Bank (IKNB) dapat merestrukturisasi kredit yang debiturnya terkena dampak penyebaran Covid-19.

Kepala OJK Sulawesi Tenggara (Sultra), Mohammad Fredly Nasution mengatakan, kebijakan yang mendukung stimulus pertumbuhan ekonomi sebagaimana dimaksud meliputi kebijakan penetapan kualitas aset dan kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan. Penilaian kualitas aset hanya berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan/atau bunga untuk kredit sampai dengan plafon Rp10 miliar.

“Relaksasi pengaturan ini berlaku untuk debitur usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) san non-UMKM dan akan diberlakukan sampai dengan satu tahun setelah ditetapkan,” ujar Fredly, Senin (23/3).

Lanjut dia, kualitas kredit atau pembiayaan yang direstrukturisasi dapat ditetapkan lancar apabila diberikan kepada debitur yang terkena dampak penyebaran Covid-19 dan restrukturisasi dilakukan setelah debitur terkena dampak Covid-19. Restrukturisasi kredit sesuai peraturan OJK mengenai penilaian kualitas aset, antara lain dengan cara penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit/pembiayaan, dan konversi kredit/pembiayaan menjadi Penyertaan Modal Sementara. Dalam hal bank telah melakukan restrukturisasi kredit atas debitur yang terkena dampak Covid-19 sebelum pemberlakuan POJK ini, maka bank dapat menetapkan kualitas kredit tersebut menjadi lancar pada periode pelaporan akhir bulan Maret 2020.

“Contohnya, bank melakukan restrukturisasi kredit debitur “A” setelah terkena dampak Covid-19 pada tanggal 10 Februari 2020 (sebelum POJK ini berlaku). Kredit debitur “A” tetap dapat memperoleh perlakuan khusus sesuai POJK ini yaitu ditetapkan lancar sejak laporan bulanan bank posisi akhir bulan Maret 2020,” terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, debitur yang mendapatkan perlakuan khusus dalam POJK ini adalah debitur (termasuk debitur UMKM) yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban pada bank karena debitur atau usaha debitur terdampak dari Covid-19 baik secara langsung ataupun tidak langsung seperti sektor pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian, dan pertambangan.

Ia mencontohkan, debitur yang terkena dampak penutupan jalur transportasi dan pariwisata dari dan ke Tiongkok atau negara lain yang telah terdampak Covid-19 dan travel warning beberapa negara, atau debitur yang terkena dampak terhambatnya proyek pembangunan infrastruktur
karena terhentinya pasokan bahan baku, tenaga kerja, dan mesin dari Tiongkok ataupun negara lain yang telah terdampak Covid-19.

Adapun mekanisme penerapan diserahkan sepenuhnya kepada kebijakan masing-masing bank dan disesuaikan dengan kapasitas membayar debitur. “Kita persilahkan kepada bank untuk menyiapkan mekanismenya. Yang jelas, kita memberikan kelonggaran untuk peniliaian kualitas kreditnya,” imbuhnya.

Kebijakan stimulus perekonomian ini juga diperluas pada sektor industri keuangan non bank, untuk melonggarkan ketentuan kewajiban pembayaran di perusahaan pembiayaan. Disebutkan, rencana relaksasi kebijakan di perusahaan pembiayaan terbagi dua. Pertama, penundaan pembayaran untuk pembiayaan yang berkaitan dengan skema chanelling dan joint financing yang berkaitan dengan perbankan. Kedua, metode executing antara perusahaan pembiayaan yang mendapat kredit dari perbankan, akan dilakukan dengan mekanisme restrukturisasi sebagaimana diatur dalam POJK No.11/POJK.03/2020. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy