OJK Izinkan Buyback Saham Tanpa RUPS – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

OJK Izinkan Buyback Saham Tanpa RUPS

Coffee morning bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan semua emiten atau perusahaan publik melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebagai upaya memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan. Kebijakan tersebut merespon perkembangan kondisi pasar saham domestik yang pada Senin (9/3) lalu terkoreksi dalam di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun hingga 6,58 persen ke level 5.136,81.

“Ini merespon dampak dari wabah Covid-19 dan penurunan harga minyak dunia. Dua hal yang menjadi tantangan perekonomian Indonesia saat ini. Karenanya OJK mengeluarkan kebijakan buyback saham,” ungkap Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sulawesi Tenggara (Sultra), Ridhony M. H. Hutasoit saat ditemui di Kantor OJK Sultra, kemarin.

Ia menambahkan, pembelian kembali saham oleh perusahaan publik dalam kondisi pasar yang fluktuatif, dilakukan dengan cara memberikan relaksasi (kelonggaran). Di mana, pembelian kembali dapat dilakukan tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Segala bentuk kegiatan bisnis suatu emiten, harus melalui prosedur RUPS. Karena kondisi pasar efek saat ini sering berfluktuasi, maka prosedur RUPS boleh dihilangkan dalam rangka mempercepat pengambilan keputusan. Jumlah saham yang dapat dibeli kembali dapat lebih dari 10 persen dari modal disetor dan paling banyak 20 persen dari modal disetor. Dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar 7,5 persen dari modal disetor,” terangnya.

Lanjut dia, kondisi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia sejak awal tahun 2020 sampai dengan 9 Maret 2020 terus mengalami tekanan signifikan yang dapat dilihat dari penurunan IHSG sebesar 18,46 persen (year to date). Penurunan tersebut merupakan salah satu yang terdalam yang pernah terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Adapun ketentuan buyback saham tanpa RUPS tersebut dituangkan dalam Surat Edaran OJK Nomor 3/SEOJK.04/2020 tanggal 9 Maret 2020 tentang Kondisi Lain Sebagai Kondisi Pasar Yang Berfluktuasi Secara Signifikan Dalam Pelaksanaan Pembelian Kembali Saham Yang Dikeluarkan Oleh Emiten Atau Perusahaan Publik. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy