OJK Imbau IJK Antisipasi Penyebaran Covid-19 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

OJK Imbau IJK Antisipasi Penyebaran Covid-19

Mohammad Fredly Nasution

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mendukung pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) secara efektif. Sesuai kewenangannya yakni mengatur, mengawasi, dan melindungi sektor jasa keuangan, OJK meminta kepada seluruh lembaga di industri jasa keuangan (IJK) untuk melakukan penyesuaian operasional, menunda seluruh perjalanan ke luar kota, dan tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI pada Minggu, 15 Maret 2020 dalam rangka meminimalkan risiko tersebarnya Covid-19. Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/3), mengatakan bahwa perusahaan yang bergerak di industri jasa keuangan harus melakukan penyesuaian operasional dengan meminimalkan interaksi antar orang tanpa mengganggu pelayanan jasa keuangan kepada masyarakat.

“Perlu mengurangi interaksi. Tapi bukan berarti kita asosial. Jika dimungkinkan bekerja dari rumah, kita serahkan kepada mereka untuk membuat protokolnya sesuai arahan Presiden. Kita tidak mengharuskan mereka bekerja dari rumah karena pengaturan mengenai alternatif bekerja dari rumah diserahkan kepada masing-masing lembaga jasa keuangan, self regulatory organization di pasar modal, dan lembaga penunjang profesi di industri jasa keuangan,” ujar Fredly, kemarin.

Jikapun tidak bisa bekerja dari rumah, kata dia, maka perlu dilakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 misalnya dengan mengenakan alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, menghindari berjabat tangan, dan membatasi interaksi.

Selanjutnya, meningkatkan kebersihan lingkungan kerja dan sarana pelayanan publik seperti ATM, loket bank, dan lain sebagainya. Para pegawai juga diwajibkan menunda seluruh perjalanan ke luar kota atau luar negeri, khususnya ke tempat yang sudah diidentifikasi terdapat penyebaran Covid-19 sesuai dengan data dan informasi terkini dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu, perusahaan diimbau untuk tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang baik internal maupun eksternal dalam bentuk sosialisasi, rapat, dan event lainnya. Interaksi dodorong agar dilakukan melalui pemanfaatan sarana teknologi informasi. “Jika ada tanda-tanda pegawai terdampak, maka segera ditanggulangi,” imbuhnya.

Fredly juga mengimbau para nasabah jasa keuangan agar melakukan transaksi secara digital misalnya dengan pemanfaatan mobile banking.
“Di saat-saat seperti ini, tunjukkanlah jiwa kegotong royongan. Mari sama-sama mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy