Musda Golkar Sultra Kedepankan Musyawarah Mufakat – Kendari Pos
Politik

Musda Golkar Sultra Kedepankan Musyawarah Mufakat

KENDARIPOS.CO.ID — Musyawarah Daerah (Musda) ke X Partai Golongan Karya (Golkar) Sultra rencananya akan digelar, 11 Maret mendatang. Tercatat di Sekretariat DPD I Golkar Sultra, kemarin (5/3), sudah ada sembilan figur yang mengambil formulir pendaftaran calon Ketua DPD I Golkar Sultra (lihat grafis). Pendaftaran calon akan berakhir 10 Maret mendatang.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar meminta pemilihan ketua DPD I Golkar Sultra periode 2020 – 2025 dilaksanakan secara musyawarah mufakat. Informasi itu disampaikan Sekretaris DPD I Golkar Sultra Muhammad Basri, kemarin (5/3). Ia mengatakan Golkar Sultra berkomitmen pemilihan ketua melalui Musda secara musyawarah mufakat, sesuai instrukasi Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Pak Airlanngga menginstrukasikan agar Musda pemilihan ketua secara musyawarah mufakat. Dan, seluruh anggota Golkar Sultra sepakat bila Musda tidak akan digelar, kalau tidak musyawarah mufakat. Ketua terpilih harapan Pak Airlangga harus secara aklamasi,” ungkapnya.

Menurut Basri, Ketum Golkar menginstruksikan musyawarah mufakat pada setiap penyelenggaraan Musda, karena metode tersebut sudah menjadi tradisi partai Golkar agar terhindar dari perpecahan (kubu-kubuan). Airlangga, kata dia, selalu berharap semua kader selalu bersatu. Apalagi saat ini partai akan diperhadapkan dengan Pilkada.

“Di mana beberapa kader Gokar, bakal bertarung dalam Pilkada, misalnya Bupati Wakatobi Arhawi yang akan bertarung di Pilkada Wakatobi. Serta kader Golkar Konsel, Surunuddin Dangga dan Irham Kalenggo akan berlaga di Pilkada Konawe Selatan,” ungkapnya.

Ia tak menampik jika saat ini banyak kader yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua Golkar saat Musda. Pihaknya akan tetap menerima siapa saja yang memiliki niatan membesarkan partai. “Pendaftaran terbuka untuk kader terbaik Golkar. Tapi harapan kami, tetap musyawarah mufakat. Tim akan melakukan survey dan kita akan rembukan dulu dalam rapat. Bahkan kita sudah plenokan, sebelum Musda supaya bisa aklamasi,” kata Basri.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo (UHO) Dr. Najib Husain berpendapat sebaiknya
pemilihan ketua umum DPD I Golkar Sultra dilaksanakan secara musyawarah mufakat, bukan melalui One Man One Vote. Itu penting dilakukan guna menghindari lahirnya konflik dalam musda mendatang. (ags/b)

Pertarungan Para Bintang

H. Surunuddin Dangga (Bupati Konsel)
H. Arhawi (Bupati Wakatobi)
La Bakry (Bupati Buton),
H. Herry Asiku (Wakil Ketua DPRD Sultra)
Irham Kalenggo (Ketua DPRD Konsel)
Rusmin Abdul Gani (Kader Golkar Konsel)
Haris Andi Surahman (Kader Golkar Kendari)
Abdul Rahman Farisi (mantan Caleg DPR RI)
Sahyunu (Pengurus DPD Golkar Sultra).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy