Minim APD, Puskesmas di Buton Harus Siap Layani ODP – Kendari Pos
Buton

Minim APD, Puskesmas di Buton Harus Siap Layani ODP

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton menjadi salah satu wilayah dengan orang dalam pemantauan (ODP) yang cukup banyak dalam kasus penyebaran virus corona. Itu sebagai imbas dari banyaknya perantau yang memilih mudik lebih awal setelah pemerintah meliburkan sejumlah aktivitas kelembagaan. OPD pun kini telah diminta melakukan karantina mandiri selama 14 hari sejak hari pertama tiba di Buton. Mereka tersebar di berbagai desa pada tujuh kecamatan yang ada.

Untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat pada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Buton sudah menginstruksikan 14 Puskesmas untuk siap 24 jam memberikan pelayanan pada ODP tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, H. Djufri, mengatakan, sejak corona menjadi isu nasional dengan terinfeksinya dua orang pertama pada awal Maret lalu, pihaknya sudah bersiap jika pada akhirnya corona masuk di wilayah itu.

“Sudah kita instruksikan agar semua Puskesmas, baik yang sudah terakreditasi maupun belum, itu tugasnya sama. Memberikan pelayanan,” tegasnya, saat dihubungi, Minggu (29/3). Kapanpun, jika ada warga yang membutuhkan pelayanan sekalipun itu baru gejala corona, paramedis tetap harus melayani. Standar operasional prosedur (SOP) sudah jelas, tetap harus menggunakan alat pelindung diri (APD) harus lengkap.

“Jangan panik kalau memang ada yang bergejala, tetap harus diperiksa. Kalau memang perlu maka dirujuk di RS,” tambahnya. Djufri mengakui jika saat ini ketersediaan APD masih minim. Namun setelah mendapat instruksi bupati beberapa hari lalu pihaknya sudah dalam proses pengadaan. “Kita sudah mau pengadaan. Kita sudah hitung,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bupati Buton La Bakry telah mengeluarkan instruksi agar segera dilakukan pergeseran anggaran pada sejumlah pos kegiatan yang bisa ditunda demi percepatan pencegahan covid-19. “Geser saja itu perjalanan dinas, alihkan anggarannya untuk penanganan virus corona,” tegasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy