Masyarakat Kolut Dimbau Siaga Bencana – Kendari Pos
Kolaka Utara

Masyarakat Kolut Dimbau Siaga Bencana

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar mengingatkan warganya baik di dataran rendah hingga yang mendiami kawasan pegunungan, jika wilayah tersebut rawan bencana alam. Olehnya itu, kesiapan dalam menghadapi anomali alam tersebut sangat diperlukan untuk meminimalisir kejadian yang sewaktu-waktu memungkinkan terjadi. Pernyataan ini disampaikan Nur Rahman melalui Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Taupiq saat mengukuhkan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan bencana alam, Selasa (10/3). 12 anggota TRC yang dipilih diharapkan menjadi ujung tombak dalam penanganan bencana di lapangan.

“Semua menyadari jika kondisi alam dan lingkungan Kolut rentan bencana, wabah hingga bencana dari kelalaian manusia itu sendiri. Masyarakat punya harapan besar pada kita. Semua personel TRC pasca dibentuk harus terus melatih kemampuannya agar makin siap dalam situasi darurat. Materi harus dikuasai dan dipahami mulai dari soal pengkajian, penanganan penyelamatan dan evakuasi serta wajib menyampaikan informasi yang update dan akurat sesuai fakta lapangan. Empat hal harus TRC miliki yakni disiplin, tanggap, cekatan dan tangguh,” urai Taupiq, kemarin.

BPBD Kolut diminta bisa memperkenalkan semua jenis peralatan penanganan dan lainnya untuk dikuasai penggunaannya di lapangan sesegera mungkin. Ia mengingatkan, saat ini Kolut mulai dibayangi hujan deras hingga gelombang tinggi di perairan Teluk Bone. “Kita di sini punya wilayah pantauan di darat dan laut. Namun sejauh ini Kolut kerap diterpa banjir, longsor hingga angin puting beliung,” tandasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy