Masker Langka di Konawe dan Baubau, Penjual Diimbau Tak Mainkan Harga – Kendari Pos
Nasional

Masker Langka di Konawe dan Baubau, Penjual Diimbau Tak Mainkan Harga

Wakapolres Konawe Kompol Jajang Kiswara (dua dari kiri) saat sidak harga dan stok masker di salah satu apotek di Unaaha, Kabupaten Konawe, Kamis (5/3).

KENDARIPOS.CO.ID — Isu penyebaran virus Corona di Sultra membuat warga dilanda kepanikan. Warga ramai-ramai menyerbu apotek dan tempat perbelanjaan untuk mendapatkan masker. Akibatnya, di sebagian wilayah Sultra, seperti Konawe dan Baubau kasus kelangkaan masker mulai ditemukan.

Kalaupun ada, bisa dipastikan harganya mengalami kenaikan. Sebagai langkah antisipasi, jajaran Polres Konawe melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga masker di sejumlah apotik dan pusat perbelanjaan yang ada di Konawe. Sidak itu dipimpin Wakapolres Konawe Kompol Jajang Kiswara didampingi Kabag Ops Polres Konawe Kompol Jufri Andi Singke.

Ditemui usai sidak, Kompol Jufri Andi Singke mengatakan, sidak digelar untuk mengecek penjualan masker dan mencegah jangan sampai terjadi penimbunan. “Jangan karena masyarakat lagi butuhkan, harganya justru dinaikkan,” ungkap Kabag Ops Polres Konawe Kompol Jufri Andi Singke, Kamis (4/3) kemarin.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau penjual masker baik di apotik maupun pusat perbelanjaan agar tetap menjual masker sesuai harga di pasaran yang sebenarnya. Kompol Jufri Andi Singke menjelaskan dari pantauan sidak, harga masker rata-rata masih normal seperti biasa. Hanya saja, stok masker mulai langka.

Kompol Jufri Andi Singke menduga mulai ada pembatasan suplai masker dari pihak grosir maupun distributor. Ia menyebut, sampai saat ini belum ditemukan kasus penimbunan masker di Konawe. “Namun bila kami temukan, tetap ada sanksi. Kalau menimbun (masker, red), sudah pasti ada tujuan untuk mendapatkan keuntungan besar,” ujar perwira satu melati itu.

Di Kota Baubau, Polres bersama Pemkot Baubau melakukan inpeksi mendadak (Sidak) disejumlah apotek dan toko alat kesehatan Kamis (5/3). Sama halnya di Kabupaten Konawe, sidak itu untuk memastikan kelangkaan masker di Baubau akibat kepanikan massal terhadap wabah virus corona yang sudah masuk di wilayah Indonesia. “Sejumlah apotek yang kita kunjungi memang mengalami kekosongan masker,” kata Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Candra Tangkari, kemarin.

Polres Baubau akan mendalami langkanya masker. Itu dilakukan untuk mengetahui apakah kekososngan itu wajar adanya atau ada diduga berlaku curang memanfaatkan kondisi untuk keuntungan pribadi. “Kita sedang telusuri. Kalau ada kita temukan ada yang sengaja menimbun, maka kita tindak tegas. Karena secara moral hal itu sudah tidak benar,” pungkasnya.

Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari mengungkapkan pihaknya bersama Pemkot Baubau akan mengupayakan agar kebutuhan masker di Baubau segera bisa terpenuhi. Kendati Baubau masih aman dari virus corona, namun ketersediaan masker penting untuk masyarakat. Khususnya yang menderita sakit tertentu. “Saya minta warga tetap tenang. Jangan panik. Kota Baubau masih aman (dari virus corona). Tetapi untuk stok masker tetap kota upayakan,” tandasnya.

Dalam sidak tersebut empat toko apotek dan satu toko penjualan alat kesehatan dikunjungi. Stok masker di empat apotek sudah habis sejak Februari hingga dua hari lalu. Pemilik apotek sudah memesan dari distributor di Makassar tapi stoknya kosong. Sementara di toko alat kesehatan masih tersedia beberapa stok masker. “Itupun tersisa 18 bungkus dan setiap bungkus isi dua. Masker yang kita punya ini adalah stok lama. Kita coba order lagi, tapi katanya di Surabaya juga sudah kosong. Jadi kalau sudah habis yang 18 bungkus ini, maka stok kita juga habis,” kata Elvina, pemilik Toko Alat Kesehatan Lestari Medika Baubau. (adi/ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy