Masker di RS Bahteramas Kosong, Operasi Bedah Dibatalkan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Masker di RS Bahteramas Kosong, Operasi Bedah Dibatalkan

KENDARIPOS.CO.ID — Kelangkaan masker di Kota Kendari harus menjadi perhatian serius. Jangankan di pasaran, stok masker di Rumah Sakit (RS) sekelas Bahteramas saja terbatas. Alhasil, beberapa tindakan operasi bedah tumor di RS terbesar di Sultra ini, Rabu (18/3) terpaksa dibatalkan. Direktur RS Bahteramas Kendari, dr. Sjarif Subijakto saat dikonfirmasi tak menepis hal itu. Ia mengatakan, tindakan yang dibatalkan adalah operasi bedah tumor yang telah direncanakan. Namun hanya operasi tumor elektif atau tindakan bedah yang bukan gawat darurat.

“Iya, benar beberapa operasi bedah tumor elektif kami batalkan. Pembatalan ini akibat stok masker kita kosong. Tidak mungkinkan operasi tanpa masker. Jadi bukan yang cito atau emergency yah. Kalau Cito adalah tindakan yang harus segera dilakukan karena dalam keadaan darurat,” jelas dr Sjarif. Sebelum dibatalkan, pihaknya sudah berusaha mencari. Namun stoknya memang terbatas. Yang ada hanya satu dos, itupun akan dibagi ke sejumlah ruangan. Atas dasar itu, pihaknya menunda sejumlah operasi bedah. “Kita sudah berupaya, bahkan pontang panting cari masker cuma dapat satu dos. Itupun dari satu ini dibagi banyak ruangan. Jadi diputuskan operasi yang elektif ditunda Kamis (19/3),” katanya.

Ilustrasi

Sejauh ini, ia mengaku telah menghubungi sejumlah distributor. Tidak hanya di Sultra, namun juga di Jakarta, Makassar dan Surabaya. Namun keberadaan masker memang kosong. Beruntung, pihaknya mendapat bantuan masker dari Pemkot Kendari sebanyak 100 pcs. “Kami sudah mengupayakan pengadaan masker namun belum berhasil. Kemarin, kami minta bantuan Dinas Kesehatan (Dinkes) namun hanya dapat satu dos. “Alhamdulillah dapat bantuan masker dari Wali Kota Kendari 100 pcs. Insya Allah besok bisa dilaksanakan operasi yang ditunda,” ungkapnya.

Sebagai solusi sementara, lanjutnya, tenaga medis terpaksa harus memakai masker dari kain. Untuk menutupi kekosongan masker. “Solusi hari ini, stok masker kain sebanyak mungkin. Insya Allah besok lancar operasi karena pakai masker kain. Kami ingin meminta maaf kepada seluruh masyarakat Sultra atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari kejadian ini,” pintanya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy