Masifkan Sensus Penduduk Online, Sulkarnain Libatkan Perangkat – Kendari Pos
Metro Kendari

Masifkan Sensus Penduduk Online, Sulkarnain Libatkan Perangkat

KENDARIPOS.CO.ID –Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menargetkan 70 persen warganya tersensus secara online. Untuk itulah, Politisi PKS ini telah menginstruksikan semua jajaran hingga di tingkat Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW terlihat dalam menyukseskan sensus penduduk (SP). “Ini memang hal baru, di mana kita diperhadapkan dengan era digital. Tapi masyarakat Kota Kendari masih perlu pendampingan dan pembiasaan untuk mangakses situs sensus secara online ini,” ujar Sulkarnain.

Ia mengungkapkan Kota Kendari yang ditopang dengan infrastruktur yang cukum mumpuni seharusnya sudah sangat siap dengan sensus online saat ini. Meskipun masih ada beberapa titik yang masih terkendala, tapi itu semua sudah teratasi oleh tim sensus dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari. “Kami selaku pemerintah daerah sangat berharap target 70 persen sensus secara online ini dapat terpenuhi. Adapun sisanya bisa ditindak lanjuti dengan verifikasi data,” jelasnya.

Terpisah, Kepala BPS Kota Kendari Martini mengungkapkan, sejak dibukanya sensus secara online pada 15 Februari hingga kemarin (20/3), dari 83.000 Kepala Keluarga (KK) di Kota Kendari, baru sekitar 9.400 KK yang melakukan sensus secara online atau baru sekitar 14 persen. “Partisipasinya masih rendah, masih banyak yang enggan mengakses website kami (www.sensus.go.id). Mereka membutuhkan pendampingan. Hanya saja kendalanya saat ini, tim kami belum bisa melakukan pendampingan dikarena adanya instruksi dari pemerintah untuk berkumpul. Tentu untuk saling menjaga antara petugas kami dengan masyarakat ditengan merebaknya virus korona (covid-19),” kata Martini.

Meski begitu, Martini optimis target 70 persen itu bisa tercapai mengingat batas sensus online ini dijadwalkan hingga 31 Maret mendatang. “Saat ini, kami masih intens melakukan sosialisasi melalui media sosial. Kami juga melakukan broadcast via whatsapp guna menginformasikan masyarakat untuk melakukan sesnsus secara online,” tuturnya. Ia pun mengimbau masyarakat untuk mengakses laman BPS mumpung saat ini sebagian besar warga metro berada dirumah. Itu sangat penting dilakukan kata Martini, mengingat manfaat dari sensus ini yang akan menentukan arah kebijakan pemerintah 10 tahun kedepannya. “Bagi masyarakat yang belum mengikuti sensus secara online ini, petugas akan mendatanginya per RT, dari rumah ke rumah (door to door) untuk melakukan wawancara dengan menggunakan smartphone pada Juli mendatang” tutupnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy