Mahasiswa Penerima Beasiswa Bersinar di Wakatobi Berkurang – Kendari Pos
Wakatobi

Mahasiswa Penerima Beasiswa Bersinar di Wakatobi Berkurang

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2020 ini, pendaftar beasiswa Bersinar untuk tingkat strata 1 (S1), strata dua (S2) dan mahasiswa kedokteran, mengalami peningkatan. Dibanding tahun sebelumnya, penerima beasiswa prestasi yang lolos verifikasi dan memenuhi syarat mencapai 500 orang. Dengan jumlah yang bertambah, beasiswa yang diperuntukkan untuk pembayaran biaya kuliah masing-masing mahasiswa, terpaksa dipangkas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi, La Ali Wangi, menuturkan pendaftar beasiswa prestasi untuk tahun 2020 adalah angka terbanyak dibanding tahun sebelumnya.
Agar mengakomodir semua peserta penerima beasiswa prestasi, Dikbud Wakatobi harus memangkas porsi masing-masing mahasiswa yang disesuaikan dengan besaran SPP. Bahkan ada yang dikurangi setengah.

“Kalau ada yang SPP-nya Rp 3 juta lebih, maka tinggal menerima Rp 1,7 juta. Begitu juga dengan yang SPP sekitar Rp 5 juta mungkin tinggal menerima sekitar Rp 2,5 juta,” sebutnya. Apalagi ada beberapa mahasiswa kedokteran yang juga menerima beasiswa ini. “Kalau mahasiswa kedokteran SPP per tahunnya misalnya sebanyak Rp 60 juta, mungkin sekarang tinggal Rp 30 juta atau Rp 20 juta saja memperoleh bantuan ini,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait pendidikan Bersinar ini. Mengingat tidak sedikit mahasiswa asal Wakatobi yang justru belum mengetahui adanya bantuan tersebut. Tak hanya itu, ia juga mengaku telah mengusulkan penambahan anggaran. Sayangnya, porsi pendidikan Bersinar untuk beasiswa prestasi bagi mahasiswa hanya diplot Rp 1,5 miliar saja. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy