Lunasi Kewajiban, Plan Penunggak Pajak Dilepas – Kendari Pos
Metro Kendari

Lunasi Kewajiban, Plan Penunggak Pajak Dilepas

Tim Yustisi memasan plang pemberitahuan bahwa objek pajak ini menunggak di salah satu hotel di Kota Kendari beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Pemasangan plang penunggak pajak ternyata cukup ampuh. Kurang dari sebulan, sejumlah hotel dan restoran yang menunggak akhirnya melunasi kewajibannya. Pemasangan plang ini sebagai bentuk sanksi sosial sebelum Pemkot Kendari melalui evaluasi terhadap izin pelaku usaha.

Sekretaris Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari, Maman Firman Syah mengaku telah melepas sejumlah plang yang dipasang di beberapa hotel dan rumah makan penunggak pajak di Kendari. Pelepasan plan dilakukan karena para penunggak pajak telah melunasi kewajibannya. “Setelah kita pasangi plan, respon mereka baik. Mereka langsung datang dikantor menyelesaikan kewajibannya,” kata Maman kemarin.

Ditanya berapa besar tunggakan yang dibayarkan, Maman enggan menyebutkan. Meski begitu, ia menyebutkan total tunggakan dari beberapa hotel dan rumah makan yang menunggak itu totalnya berkisar Rp 500 juta. “Mereka sudah bayar, jadi plan-nya kami buka kembali,” ulangnya pertegas.

Guna menghindari pemasangan tanda tak taat pajak itu, Maman pun mengimbau kepada seluruh wajib pajak (pengusaha hotel dan rumah makan ) yang ada di Kendari, untuk selalu taat membayar pajak atas pendapatan yang ia dapatkan. Menurutnya, banyak manfaat yang didapatkan dengan membayar pajak utamanya untuk pembangunan daerah. “Bayar pajak tidak ada ruginya. Toh manfaatnya untuk kita juga. Mulai dari manfaat pembangunan, kemudian anggarannya juga bisa dipakai pemerintah untuk mensubsidi pendidikan, kesehatan dan masih banyak manfaat lainnya,” kata Maman.

“Saya juga imbau para pengusaha untuk memanfaatkan alat perekam pajak dengan baik. Hal itu dilakukan supaya memudahkan kami untuk mendata dan memudahkan juga pengusaha tanpa harus membayar pajak secara tunai. Karena dia sudah terlelektronifikasi dan terkoneksi dengan perbankan,” kata Maman menambahkan.

Sebelumnya (29/2) lalu, BP2RD Kendari melakukan inspeksi mendadak sekaligus melakukan pemasangan plan tunggakan di beberapa perhotelan dan rumah makan. Itu dilakukan karena masih banyak pengusaha yang enggan membayar pajak setiap bulannya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy