Lindungi Warga, Wali Kota Kendari Bentuk Satgas Penanganan Corona – Kendari Pos
Metro Kendari

Lindungi Warga, Wali Kota Kendari Bentuk Satgas Penanganan Corona

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari mengambil langkah cepat dalam penanganan pencegahan virus Corona (Covid 19) yang sudah mewabah di tanah air. Sesuai dengan surat Keputusan Presiden (Keppres) nomor 7 tahun 2020, Wali Kota Kendari Sulkarnain membentuk gugus percepatan penanganan corona virus disease 2019 (Covid 19) yang tertuang dalam keputusan wali kota nomor 252 tahun 2020.

Dalam gugus tersebut, Sulkarnain akan bertanggungjawab atau sebagai komandan dalam misi percepatan penanganan virus corona di Kendari. Nantinya ia akan dibantu oleh Sekot Kendari, Dandim 1417 Kendari dan Kapolres Kendari yang masing-masing berkedudukan sebagai Wakil Ketua I, II dan III. “Pembentukan satgas ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 16 Maret lalu, hanya SK resminya baru Selasa (17/3/2020) kita sempurnakan. Gugus ini kita bentuk sesuai instruksi Presiden yang tidak lain untuk melindungi warga metro dari penularan virus tersebut,” ungkapnya.

Secara teknis kata Sulkarnain, penanganan penyakit menular tersebut berada di jajaran sektor kesehatan dilingkupnya mulai dari Dinkes Kesehatan, RSUD Kota Kendari, serta seluruh UPTD Loboratorium dan Puskesmas. “BPBD, Dikmudora, Dinsos dan beberapa instansi terkait juga terlibat. Kemudian beberapa sektor lembaga usaha swasta serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga kami sertakan sebagai anggota,” bebernya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain (tengah) didampingi Sekot Kendari, Hj. Nahwa Umar (paling kanan) dan Dandim Kendari 1417 Kendari saat konferensi pers terkait pembentukan gugus tugas percepatan penanggulangan virus corona (Covid-19).

Dengan terbentuknya gugus tugas ini, Politisi PKS itu optimis bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kendari. Namun dengan syarat, instansi terkait harus mematuhi aturan (prosedur) yang ditetapkan pemerintah. “Dalam tugas ini, ada beberapa poin penting dalam percepatan penanganan virus Corona yang harus dipatuhi sesuai dengan protokol penanganannya. Mulai dari protokol penanganan kesehatan, protokol area publik, protokol transportasi umum, protokol area pendidikan (institusi/sekolah), hingga protokol pintu masuk wilayah (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan),” jelasnya.

“Bagi masyarakat, kami mengimbau agar lebih banyak tinggal di rumah serta menghindari keramaian kecuali untuk kepentingan mendesak. Bagi yang melihat dan merasakan seperti gejala corona (demam tinggi, batuk kering dan sesak nafas) segera menghubungi Call Center kami yang sudah terintegrasi langsung dengan layanan kesehatan. Intinya masyarakat tidak panik namun tetap waspada dan selalu jaga kebersihan tubuh dan lingkungan,” tandasnya. (b/ags)

Protokol Penanganan Wabah Virus Corona
Kesehatan
Area Publik
Transportasi Umum
Area Pendidikan
Pintu Masuk Kendari (Bandara, Terminal dan Pelabuhan)

Sumber Data : Satgas Penanganan Corona

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy