Libatkan Patriot Pajak, Jumlah Pelapor SPT Meningkat – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Libatkan Patriot Pajak, Jumlah Pelapor SPT Meningkat

Alat Perekam Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Direktorat Jenderal Pajak (DJP) senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan pada wajib pajak. Salah satu langkah yang ditempuh yakni dengan sosialisasi dan asistensi langsung kepada masyarakat mengenai pelaporan pajak.

Tahun ini, DJP melalui unit kerjanya yakni Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari melakukan sosialisasi dan asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) di sejumlah lokasi yang meliputi BPKAD Sultra, Dinas Kesehatan Kota Kendari, Dinas Pendidikan Kota Kendari, Mall Mandonga, dan Lippo Mall Kendari. Kegiatan itu diselenggarakan selama 18 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 mendatang. Sementara batas akhir pelaporan SPT untuk wajib pajak orang pribadi yakni 31 Maret 2020 sedangkan untuk wajib pajak badan yaitu 30 April 2020.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Kendari, Lilis Teguh Heriyanto mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan untuk mengoptimalkan jumlah pelapor SPT. “Agar gaungnya lebih terdengar. Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pajak,” ujarnya, Minggu (1/3) lalu.

Ia mengaku cukup terkejut dengan sambutan masyarakat yang begitu antusias. Hingga 1 Maret 2020, tercatat sudah 42.304 wajib pajak orang pribadi yang melaporkan pajak secara e-filling (penyampaian SPT secara online dan real time) serta 288 orang secara e-SPT (penyampaian SPT secara offline melalui aplikasi form viewer miliki DJP). Dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, kata dia, terjadi lonjakan jumlah pelapor pajak yang cukup signifikan.

Ia menegaskan bahwa proses pelaporan SPT tidaklah susah. Yang menjadi kendala selama ini yaitu masyarakat kurang sadar akan pentingnya melaporkan SPT dan membayar pajak. “Nampaknya kita kurang peduli. Saya yakin kalau masyarakat sudah mencoba pasti merasa bahwa pelaporan SPT ini sangat gampang,” imbuhnya.

Selama dua tahun terakhir ini, angka penggunaan e-filling tumbuh dengan pesat di mana sebelumnya pelaporan SPT lebih banyak dilakukan di Kantor KPP Pratama. Hal ini dianggap kurang efektif dan efisien karena masyarakat harus mengantri dengan jumlah pelapor yang lebih sedikit dibandingkan dengan setelah penerapan e-filling.

Capaian tersebut juga tidak terlepas dari pelibatan Patriot Pajak sehingga jangkauan KPP Pratama lebih luas. Patriot Pajak adalah para mahasiswa yang direkrut KPP Pratama melalui proses seleksi.
“Alhamdulillah capaian e-filling tahun lalu sangat baik begitu juga tahun ini. Pengetahuannya tentu dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan. Mungkin teman-teman Patriot Pajak juga telah menularkan pengetahuannya kepada kerabat dan kenalan masing-masing. Jadi, dampaknya besar,” akunya.

Ia berharap, tingginya jumlah pelapor SPT akan berbanding lurus dengan penerimaan pajak oleh KPP Pratama Kendari. Pelibatan Patriot Pajak selain untuk membentuk generasi muda sadar pajak, juga untuk mengedukasi mereka agar lebih paham tentang pajak. Untuk lebih memudahkan masyarakat, pihaknya telah mempublikasikan tata cara pelaporan SPT melalui audio visual (video) yang diupload di channel Youtube KPP Pratama Kendari.

Sementara itu, salah satu Patriot Pajak yakni Muhamad Fauzi mengaku bersyukur dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi pelaporan pajak. Hal tersebut menurutnya bisa membantu dirinya setelah terjun ke dunia kerja. Ia juga aktif melakukan sosialisasi kepada keluarganya, baik yang sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maupun yang belum namun telah bekerja. “Respon masyarakat sangat positif karena merasa terbantu. Memang ada beberapa yang memang belum paham dengan pelaporan secara online utamanya bagi lanjut usia,” tuturnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy