La Songo, Warga Buteng yang Tinggal Sebatang Kara di Gubuk, Hidup dari Bantuan Tetangga – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

La Songo, Warga Buteng yang Tinggal Sebatang Kara di Gubuk, Hidup dari Bantuan Tetangga

La Songo tinggal sebatang kara di gubuk reyot. Jauh dari kata layak. Sungguh memprihatinkan. Kondisinya kian melemah didera sakit diusia sepuh, 80 tahun. Tampak Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Infanteri Arif Kurniawan mengunjungi La Songo, sembari menyuguhkan air mineral. Foto: Akhirman Kendari Pos

KENDARIPOS.COL.ID — Hidup dalam balutan kemiskinan dan jauh dari kata layak adalah kawan akrab La Songo (80). Hidup tanpa sanak saudara dalam sebuah gubuk reyot bukan perkara mudah. Namun semua itu ikhlas dilakoni La Songo. Dia seperti pasrah menerima dan menjalani takdirnya.

Gubuk seukuran bilik itu setinggi pinggang orang dewasa menjadi tempat perlindungan La Songo dari terik mahahari, guyuran hujan dan dinginnya angin malam. Warga Desa Baruta, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tinggal sendirian dalam kawasan TPU desa.

Diusianya yang sepuh, La Songo hidup sebatang kara. Tak ada keluarga menemani. Hidup bahagia di masa tua, tak terlintas dalam benaknya. Dia tak bermimpi bisa berkumpul bersama keluarga dan mendapat perhatian dari orang-orang terkasih. kala raga yang tak lagi muda kian melemah.

La Songo bertahan di dalam gubuk itu dengan menahan sakit yang dideritanya. Tubuhnya lemah. Berdiri pun nyaris tak kuasa. Ia bertahan hidup dari makan yang diberikan tetangga. Bila tak ada yang berbelas kasih, kakek La Songo kadang tak makan dalam sehari.

Gubuk reyot La Songo dibuatkan oleh masyarakat yang iba melihatnya karena tidak memiliki tempat tinggal. Kayu yang digunakan menjadi tiang penyangga gubuk sangat kecil. Beberapa papan dibentang sebagai lantainya. Atap dan dindingnya dari seng bekas yang dipasang tak beraturan. Karat memenuhi sebagian seng. Tak ada daun pintu. Sepotong kain satu-satunya penghalau dingin dan panas yang menerpa.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy