Kurangi Volume Sampah di TPA Puwatu, Pemkot Kendari Restui Pengadaan Incinerator – Kendari Pos
Metro Kendari

Kurangi Volume Sampah di TPA Puwatu, Pemkot Kendari Restui Pengadaan Incinerator

Pemkot Kendari akan mengadakan mesin penghancur sampah atau incineration. Pengadaan mesin ini dimaksudkan untuk mengurangi volume sampah di TPA Puuwatu. Tampak aktivitas truk pengangkut sampah.

KENDARIPOS.CO.ID — Volume sampah yang didistribusikan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu terus meningkat. Jika tidak diantisipasi, area tumpukan sampah akan terus meluas. Untuk itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) berencana mengadakan mesin penghancur sampah atau Incineration. Tidak hanya untuk mengurangi volume, namun juga mesin ini efektif sampah yang sulit terurai seperti plastik, kaleng, styrofoam hingga popok bayi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati mengatakan akan mendatangkan alat penghancur sampah. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi volume tumpukan sampah di TPA Puuwatu. “Kita rencana ada pengurangan sampah untuk ke TPA dengan incenerator. Saya sudah ketemu Pimpinan (Wali Kota Kendari Sulkarnain, Red). Penganggarannya diusahakan melalui dana DAK,” ungkapnya kemarin.

Pengadaan alat penghancur sampah lanjut dia, sudah menjadi program prioritas Pemkot Kendari. Ditargetkan mesin ini sudah bisa dioperasikan tahun 2021.

“Kalau mesin yang agak besar harganya Rp 15 miliar dengan kapasitas 50 ton untuk satu kali menggiling. Ada juga yang kecil kapasitas sekitar 2 ton harganya sekitar Rp 1,5 miliar. Nanti kita lihat saja di DAK kemampuan seperti apa, kalau pemerintah respon dengan yang kapasitasnya besar ya kita senang sekali,” terangnya.

Dengan hadirnya alat tersebut tambah mantan Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, setidaknya mampu mengurangi volume sampah yang ada di TPA Puuwatu, sehingga TPA tersebut masih bisa menjadi TPA percontohan di Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Hj Nahwa Umar mengapresiasi langkah DLHK untuk mendatangkan alat penghangcur sampah tersebut. Ia menilai, langkah tersebut merupakan langkah konkrit pemerintah untuk mencapa visi Kota, yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan).

“Alat penghancur sampah yang akan didatangkan ini banyak manfaatnya. Selain mampu mengurangi penumpukan sampah di TPA, juga mampu menghemat biaya operasional, sekaligus menghemat lahan tempat pembuangan sampah yang ada. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy