Kubangan Lumpur Hiasi Poros Lasolo-Meluhu – Kendari Pos
Konawe

Kubangan Lumpur Hiasi Poros Lasolo-Meluhu

Kondisi jalan di poros Lasolo-Meluhu. Akses yang menghubungkan dua Kabupaten, Konawe dan Konawe Utara tersebut sangat memprihatinkan. Apalagi berada di kawasan hutan. Pemprov Sultra sebagai pemilik kewenangan didesak segera melakukan perbaikan sarana pendukung perekonomian tersebut.


KENDARIPOS.CO.ID — Keinginan warga di dua kabupaten, Konawe dan Konawe Utara (Konut), untuk menikmati jalan mulus beraspal belum dapat diwujudkan Pemprov Sultra. Jalur poros Lasolo-Meluhu yang menjadi urat nadi perekonomian warga hingga sampai saat ini masih menjadi keluhan warga untuk dilintasi. Ruas jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Konut dan Konawe, rupanya masih menyisakan kubangan lumpur di sepanjang jalan dengan bentangan puluhan kilometer.

Jalan terjal, licin, menikung dan berkubang pada poros jalur ini masih dijumpai ketika dilintasi. Kondisi jalan yang tak kunjung dibenahi oleh Pemprov Sultra membuat warga dua kabupaten itu hanya pasrah dengan keadaan. “Sudah puluhan tahun poros jalan ini tak kunjung ada perbaikan. Padahal jalan ini merupakan urat nadi perekonomian warga dua kabupaten,”ujar Israfil, warga Kabupaten Konawe yang bekerja di Konawe Utara, Selasa(3/3).

Warga Konawe yang setiap pekan melewati poros Lasolo (Konut)-Meluhu (Konawe) itu, merasakan sulitnya melintasi “jalur neraka” tersebut. Selain jalan yang berbatu dan dipenuhi kubangan lumpur, pengendara perlu ekstra hati-hati. Bila tidak, bisa sampai terperosok ke jurang hutan Lasolo dan Meluhu. “Sejak 2007 saya sudah lewat dijalan ini. Seandainya Pemprov Sultra sudah mengaspal jalan ini, Lasolo-Meluhu hanya bisa ditempuh 40 menit. Tapi ini sampai dua jam lebih,” timpal warga Konut, Asdin.

Warga dua kabupaten sangat berharap pada Pemprov Sultra untuk secepatnya membenahi ruas jalan poros Lasolo-Meluhu. Walaupun bagaimana, ruas jalan itu menjadi kewenangan Pemprov Sultra. Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Konut, Iskandar Mekuo, menuturkan persoalan jalan poros Lasolo-Meluhu sudah dikoordinasikan pada legislator Sultra untuk bersama-sama menyuarakan.
Hanya saja, dalam progresnya pengaspalan dilakukan per spot. Sebagian di Konawe, separuhnya di Konut.

“Tapi itu saya lihat masing-masing kabupaten tempatnya diaspal,” sambung Politikus PDIP itu. Mestinya, jalur-jalur ekonomi yang menghubungkan dua kabupaten di Sultra harus dibenahi. Pemprov Sultra harus menata dan memperbaiki jalur-jalur jalan yang rusak. Bendahara Umum DPC PDIP itu menambahkan dalam waktu dekat, DPRD Konut bakal berkunjung ke Pemprov Sultra untuk mempresur persoalan jalan yang tak kunjung dibenahi. “Termasuk jalan nasional, yang ada di Desa Paku Jaya Kabupaten Konawe dan di Tondowatu Kecamatan Motui, Konut. Kondisinya juga masih rusak,” ungkap Iskandar. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy