KPP Pratama Kendari Terapkan Pelayanan Online – Kendari Pos
Edukasi

KPP Pratama Kendari Terapkan Pelayanan Online

Pegawai KPP Pratama Kendari tetap bekerja seperti biasa meski layanan tatap muka ditiadakan untuk sementara.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejalan dengan upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), maka mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 5 April 2020, pelayanan perpajakan yang dilakukan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh Indonesia untuk sementara ditiadakan. 

Peniadaan sementara pelayanan perpajakan yang dilakukan secara langsung itu, termasuk juga pelayanan perpajakan yang dilakukan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTST) dan Layanan Luar Kantor (LDK) baik yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sendiri maupun yang bekerja sama dengan pihak lain.

“Mulai tanggal 16 Maret sampai dengan 5 April 2020, KPP Pratama Kendari tidak melakukan pelayanan dengan sistem tatap muka. Ini sesuai dengan arahan kantor pusat DJP dalam rangka mengantisipasi menularnya Corona,” ujar Kepala KPP Pratama Kendari, Joko Ruhutomo saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu. 

Lanjut dia, meskipun layanan perpajakan secara langsung ditiadakan, Wajib Pajak tetap dapat menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan maupun Masa melalui sarana pelaporan elektronik atau online (e-filing/e-form) di laman www.pajak go.id sedangkan untuk pelaporan SPT Masa dapat pula dikirim melalui pos tercatat. Pengisian SPT Tahunan dapat dilakukan secara mandiri dengan panduan yang ada di laman www.pajak.go.id atau pada akun media sosial resmi DJP. 

“Pegawai KPP Pratama Kendari tetap bekerja sebagaimana biasanya dengan memanfaatkan media daring (online) seperti emali, WA, SMS, dan layanan telepon,” terangnya. 

Untuk memberikan kemudahan dan kepastian kepada Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dalam menyampaikan SPT Tahunan tahun pajak 2019, maka diberikan relaksasi batas waktu pelaporan dan pembayaran sampai dengan 30 April 2020 tanpa dikenai sanksi keterlambatan. Sedangkan untuk SPT Masa PPh Pemotongan/Pemungutan untuk Masa Pajak Februari 2020, kepada seluruh Wajib Pajak diberikan relaksasi batas waktu pelaporan sampai dengan 30 April 2020 tanpa dikenakan sanksi keterlambatan namun batas waktu pembayaran tetap sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kalaupun telat, tidak akan kena sanksi. Bagi masyarakat yang terbatas aksesnya, maka yang bersangkutan harus datang ke Kantor KPP Pratama atau bisa juga menyampaikan surat melalui pos atau ekspedisi lainnya yang tercatat,” imbuhnya. 

Pelayanan secara tatap muka, kata dia, kemungkinan akan dibuka kembali setelah 5 April namun tetap mempertimbangkan kondisi yang ada. Selain layanan penyampaian SPT yang dapat dilakukan melalui sarana elektronik, Wajib Pajak dapat mengajukan berbagai permohonan perpajakan lain secara online, seperti permohonan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) baru melalui eRegistration di laman https://ereg.pajak.go.id

Permohonan EFIN (Electronic Filing Identification Number), aktivasi EFIN baru, atau layanan lupa EFIN dapat dilakukan melalui email kpp.kendari@pajak.go.id, melalui akun media sosial KPP Kendari, 04013125550 (telepon), atau 082343629130 (SMS/WA). Untuk memahami cara pelaporan melalui e-Filing, KPP Pratama Kendari juga telah menyiapkan video tutorial yang dapat diakses di channel Youtube resminya. Selain pelayanan perpajakan, selama masa pembatasan ini proses komunikasi dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan pajak juga akan dilakukan melalui surat menyurat, telepon, email, chat, video conference dan saluran online lainnya. 

“Selama dua hari ini memang cukup terasa penurunan jumlah pelapor SPT Tahunan. Namun dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, pelapor saat ini masih jauh lebih tinggi. Targetnya secara keseluruhan baik untuk WPOP maupun badan, sekitar 87 persen dari 70 ribu SPT. Per hari ini SPT yang masuk sudah 38.600. Inipun masih ada perpanjangan sampai 30 April 2020 untuk orang pribadi,”pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy