KPK-Kemendes PDTT Bangun Sistem Pengawasan Dana Desa – Kendari Pos
Nasional

KPK-Kemendes PDTT Bangun Sistem Pengawasan Dana Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi bersama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) sepakat untuk membangun sistem pengawasan dana desa. Pembangunan sistem ini pengawasan ini untuk mencegah terjadinya praktik korupsi dalam penyaluran dana desa.

“Kita membangun sebuah sistem pengawasan atau pemanfaatan dana desa supaya lebih bagus lagi,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (3/3).

Sistem pengawasan ini, lanjut Halim, diperlukan untuk mengawasi pengelolaan dana yang sangat besar. Sebab, tak tanggung-tanggung dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat mencapai Rp 72 triliun, untuk tahun 2020 dan terus meningkat setiap tahunnya.

Selain dana desa dari pemerintah pusat, anggaran pendapatan dan belanja desa (APDes) berasal dari sejumlah sumber lainnya, seperti alokasi dana desa dari pemerintah kabupaten, bantuan keuangan dari pemerintah provinsi dan pendapatan asli desa.“Kalau kita masuk ke APBDes itu total Rp 130 triliun se-Indoensia karena ada empat sumber di APBDes itu,” ujar Halim.

Oleh karena itu, Halim menyatakan perlu ada pengawasan dan pendampingan dari KPK. Hal ini dilakukan agar dana desa dapat dimanfaatkan masyarakat semaksimal mungkin. “Kita diskusikan supaya kami mendapat pendampingan KPK di Deputi Pencegahan khususnya supaya manfaatkan dana desa semakin optimal,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar menyampaikan, dana desa telah menjadi fokus bagi KPK untuk melakukan pemantauan. KPK memastikan, dana desa dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. “Tadi dalam rapat untuk peran Kemdes juga urusan Stranas PK (Strategi Nasional Pencegahan Korupsi). Jadi ada acuan dan Kemdes dan KPK akan tindaklanjuti dengan MoU yang sudah dilakukan sebelumnya,” pungkasnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy