Kota Kendari Butuh 640 Tenaga Pendidik – Kendari Pos
Edukasi

Kota Kendari Butuh 640 Tenaga Pendidik

Ilustrasi guru sedang melakukan proses belajar mengajar di kelas.

KENDARIPOS.CO.ID — Peran guru untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi sangat penting. Tanpa guru berbagai program pendidikan yang digagas pemerintah tidak akan berjalan dengan baik sekalipun didukung sarana prasarana dan kurikulum yang baik. Karenanya, kekosongan guru di satuan pendidikan sebaiknya tidak boleh terjadi karena secara tidak langsung akan berdampak pada kualitas dari generasi masa depan bangsa.

Nah, di Kota Kendari, saat ini masih mengalami kekurangan guru sekitar 640 orang, baik itu tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikn (GTK) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Drs. Muhammad Rafiuddin menuturkan bahwa untuk tahun 2020 Dikmudora Kendari membutuhkan tambahan tenaga pendidik dari beberapa Mata pelajaran (Mapel).

“Kekurangan tenaga guru ditingkat TK, SD dan SMP disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yakni dari tahun ketahun terdapat beberapa guru mengalami masa pensiun atau masa purna bakti dan otomatis hal tersebut mempengaruhi jumlah guru yang ada di Kota Kendari,” ungkapnya pada Kendari Pos, Rabu (4/3).

Diakuinya, dari Mapel yang ada di tingkat satuan pendidikan Kota Kendari, terdapat beberapa Mapel yang mengalami defisit guru. Diantaranya, guru kelas, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Seni Budaya, hingga Teknologi dan Informasi (TIK). “Masih banyak Mapel yang belum terpenuhi gurunya, misalnya saja guru kelas ditingkat SD, saat ini kita mengalami kekurangan sebanyak 328 orang, begitupun ditingkat TK, dan SMP yang juga kekurangan,” katanya.

Menurutnya, persoalan disatuan pendidikan tidak hanya terkait dengan kekurangan guru, namun lebih dari itu, terdapat beberapa sekolah yang jumlah gurunya berlebih, khususnya dijenjang SMP. Bahkan jumlahnya mencapai 287 orang. “Ada beberapa Mapel tang kekurangan guru, tapi ada juga beberapa Mapel yang mengalami kelebihan guru, kondisi ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Dikmudora sendiri,” katanya.

Untuk itu, guna mengatasi hal tersebut, pihaknya mengaku tengah melakukan rotasi guru. Jadi guru yang berlebih di tingkat SMP akan dirotasi di tingkatan SD yang Mapelnya masih mengalami kekurangan. “Ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi kekurangan guru, serta mengatasi kelebihan guru di berapa Mapel,” tungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy