Korban Covid-19 Meningkat Setiap Hari, Baranusa Minta Segera Lockdown! – Kendari Pos
Nasional

Korban Covid-19 Meningkat Setiap Hari, Baranusa Minta Segera Lockdown!

PP Pemuda Muhammadiyah usul Presiden Jokowi menerapkan operasi militer selain perang untuk menghadapi wabah virus corona COVID-19. Ilustrasi TNI.


KENDARIPOS.COL.ID — Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mendesak Presiden Jokowi segera mengambil kebijakan strategis
menghadapi ganasnya virus corona (Covid-19), yakni dengan memberlakukan operasi militer selain perang.

Hal ini disampaikan Ketua bidang Hukum dan HAM PP Pemuda Muhammadiyah, Razikin, mengingat jumlah korban terinfeksi Covid-19 mengalami peningkatan tajam setiap harinya. “Memang, skenario pemotongan rantai penyebaran dan penanganan korban terus diupayakan oleh pemerintah. Namun belum ada tanda-tanda wabah ini akan berakhir,” kata Razikin dalam keterangannya, Minggu (29/3).

Dia memandang wabah covid-19 harus diposisikan sebagai ancaman terhadap pertahanan negara yang bersifat nir-militer. Wabah ini sudah mengalami metamorfosa dan sulit dikenali serta sulit dikendalikan. “Ini merupakan ancaman nyata dan menghantui keselamatan penduduk Indonesia. Dalam konteks itu, Pemerintah bisa memberlakukan operasi militer selain perang,” kata Razikin, Minggu (29/3).

Dia menambahkan, TNI memiliki kewajiban dalam membantu instansi lain baik di tingkat pusat maupun daerah melalui skenario Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Ketentuan tersebut secara legal tercantum dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Sementara itu, Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) Adi Kurniawan mendesak Presiden Jokowi segera melakukan lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Adi mendasari pandangannya menyikapi jumlah korban akibat pandemi Covid-19 yang terus bertambah secara signifikan.

Ia menilai kebijakan lockdown merupakan pilihan paling logis bagi keselamatan rakyat Indonesia saat ini. “Cuma sampai sekarang belum juga diberlakukan. Pak Jokowi, ada apa denganmu? Negara lain umumnya melakukan lockdown. Cuma Indonesia saja yang kesannya masih sok kebal. Mau menunggu berapa banyak lagi yang menjadi korban?” ujar Adi di Jakarta, Minggu (29/3).

Menurut Adi, beberapa negara juga telah meminta warganya keluar dari Indonesia. Hal itu bisa jadi menunjukkan ketidakpercayaan dengan cara Indonesia menangani Covid-19. Untuk itu, Adi berharap Presiden Jokowi mau melakukan lockdown. Jangan sampai terlambat, karena hanya akan membuat keadaan semakin sulit ditangani nantinya.

“Jangan dengarkan beberapa orang yang memiliki kepentingan yang menolak Anda (Presiden Jokowi) melakukan lockdown. Kami tahu bahwa Anda tertekan. Ayo Pak Jokowi, segera lockdown. Kerahkan semua anggaran, termasuk gaji Anda dan pejabat lain. Selamatkan rakyat dari ancaman wabah virus Corona dan krisis ekonomi,” pungkas Adi. (fat/gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy