Kesadaran Mengurus IMB dan SIUP di Buton Masih Minim – Kendari Pos
Buton

Kesadaran Mengurus IMB dan SIUP di Buton Masih Minim

La Jurumani

KENDARIPOS.CO.ID — Mengantongi izin dari pemerintah adalah syarat mutlak bagi setiap masyarakat untuk membuka atau mendirikan bangunan usaha serta rumah tinggal. Tanpa SIUP dan izin mendirikan bangunan (IMB) maka usaha maupun bangunan itu dianggap ilegal. Meskipun itu berdiri di atas tanah hak milik masyarakat.

Kepala Bidang Pengendalian Publikasi dan Pengaduan Masyarakat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Buton, La Jurumani, mengatakan, kesadaran warga Buton untuk melengkapi dokumen izin bangunannya masih begitu rendah. Pemerintah kerap kali dibuat sibuk untuk mendesak warga agar menaati aturan yang ada. “Banyak yang tidak peduli dengan aturan itu. Kadang nanti kita turun lapangan, kedapatan lalu kemudian mau mengurus. Kalau tidak pernah ditegur yah begitulah kadang sudah ditempati baru mengurus,” jelasnya.

Karena kesadaran yang minim itu juga menjadi sebab kurangnya pemasukan daerah dari sektor retribusi SIUP dan IMB. Tahun 2019 lalu SIUP yang dikeluarkan hanya 134 izin. Padahal dapat dipastikan usaha yang berdiri lebih dari itu. Di 2020 ini SIUP yang dikeluarkan baru 17. Sedangkan IMB selama 2019 hanya 51 izin dan di tahun ini 10 izin. Jauh dari jumlah unit bangunan yang baru di tahun tersebut. “Kalau PAD IMB itu hanya Rp 72 juta tahun lalu. Sekarang kan baru tiga bulan. Sudah meningkat juga karena telah ada Rp 26 juta,” sambungnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy