Kendari New Port Tambah Satu Unit Container Crane – Kendari Pos
Metro Kendari

Kendari New Port Tambah Satu Unit Container Crane

PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Kendari kembali menambah satu unit alat bongkar peti kemas raksasa. Saat ini, pengoperasian Container Crane ini masih tahap uji coba. Foto: Muh. Abdi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memudahkan aktivitas bongkar muat di Kendari New Port (KNP), PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Kendari kembali menambah satu unit alat bongkar peti kemas raksasa. Container Crane yang baru ini memiliki kapasitas 30 Box Crane Hour (BCH) atau sama dengan telah beroperasi saat ini. Saat ini, pengoperasian Container Crane ini masih tahap uji coba.

General Manager PT. Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan akan terus melengkapi fasilitas dan peralatan bongkar muat. Sejak beroperasi Mei 2019, KNP memiliki luas sekitar 8,7 hektar. Yang mana, 5,1 hektar lapangan penumpukan kontainer dan 3,6 hektar fasilitas penunjang. Tahun ini, dua unit Container Crane akan dioperasikan. “Jadi saat ini yang beroperasi baru satu Container Crane. Yang satunya masih dalam tahap uji coba,” bebernya kemarin.

Produktivitas bongkar Container Crane katanya, satu unit kurang lebih 17 BSH (Box Shift Crane) dengan jam operasional 24 jam. Namun karena pandemi Covid-19, jam operasionalnya dikurangi sampai pukul 22.00 Wita. “Kami lakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus tersebut,” ungkapnya.

Sebagai upaya pencegahan, lanjut Debby, saat ini pihaknya telah melakukan pengadaan APD (Alat Pelindung Diri) yang diperuntukan bagi seluruh petugas operasional terminal. Penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan dibeberapa terminal pelabuhan. “Kami juga sudah kerjasama dengan pihak KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) untuk melakukan Thermal Scanner (pengukuran suhu tubuh) pada sejumlah penumpang dan ABK (Anak Buah Kapal),” bebernya.

Debby menaruh prihatin pandemi covid-19 yang menerpa sebagian besar wilayah Indonesia. Akan tetapi dengan kesigapan dan kesiapan bersama, ia yakin penyebaran virus tersebut bisa segera teratasi. “Intinya kami tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Operasional pelabuhan masih berjalan demi perekonomian daerah,” tandasnya.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengaku dampak dari bongkar muat itu tentunya mampu menggerakan perekonomian kota. Arus barang dari distributor maupun komoditi ekspor daerah dengan mudah tersalurkan. Apalagi KNP saat ini akan ditunjang dengan jalan Ringroad Kota Kendari yang akan dirampungkan tahun depan.

“Barang-barang bisa dengan mudah kita akses. Bahan makanan, marerial pembangunan bisa dengan cepat dinikmati masyarakat maupun daerah. Begitipun sebaliknya, barang dari daerah kita yang berpotensi untuk diekspor itu bisa dengan mudah melalui KNP. Saya yakin beroperasinya KNP ini, pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita masyarakat Sultra, khususnya Kota Kendari, akan meningkat,” kata Sulkarnain, kemarin. (b/ags)

Fasilitas Bongkar Muat Kendari New Port
Beroperasi Mei 2019
5,1 Hektar Lapangan Penumpukan Kontainer
3,6 Hektar Fasilitas penunjang.
Dua Unit Container Crane (Satu Unit Ujicoba)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy