Kenalkan BSBI, BI Sultra Gandeng UHO – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Kenalkan BSBI, BI Sultra Gandeng UHO

Suasana seminar yang digelar BI Sultra bersama UHO, di Auditorium Mokodompit, Jumat (13/3).

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra bekerja sama dengan Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan seminar dengan tema “Peran dan Tata Kelola Perwakilan Bank Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Daerah” bertempat di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (13/3). Kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) kepada masyarakat luas khususnya mahasiswa dan akademisi di lingkup Kampus Hijau tersebut.

Ketua BSBI, M. Fadhil Hasan mengatakan, selama ini masyarakat hanya mengenal Bank Indonesia, sementara BSBI masih cukup asing.
“Dalam rangka untuk bisa memberikan pemahaman kepada stakeholders, terutama bagi para mahasiswa, maka kami hadir di sini untuk memperkenalkan apa itu BSBI. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah untuk berbicara mengenai masalah-masalah perekonomian Indonesia dan dampaknya ke Sulawesi Tenggara,” ungkap Fadhil, kemarin.

Ia menjelaskan, BSBI merupakan lembaga pengawas Bank Indonesia. Sebagai bank sentral yang bersifat independen, BI harus diawasi dengan benar dalam rangka memastikan kredibilitasnya berdasarkan prinsip-prinsip good governance. “Ketika independensi dimiliki sebuah entitas, apabila tidak ada pengawasan, bisa saja entitas ini justru melakukan tindakan-tindakan penyelewengan. Oleh karena itu, pengawasan perlu dilakukan. BI sebenarnya diawasi oleh DPR. Hanya saja DPR memiliki banyak kesibukan sehingga DPR membentuk BSBI sebagai perpanjangan tangan untuk mengawasi Bank Indonesia,” terangnya.

Lanjut dia, pelaksanaan seminar di lingkup universitas diharapkan mampu memperkaya pengetahuan mahasiswa baik tentang BSBI maupun perkembangan ekonomi Indonesia saat ini. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memicu pembahasan masalah-masalah ekonomi di lingkungan universitas bersama Bank Indonesia. “Selain UHO, kita sudah melakukan kunjungan di beberapa universitas lainnya. Di Sultra baru UHO,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M.Si., M.Sc., mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut. UHO berkomitmen untuk menjalin kerja sama seluas-luasnya dengan pihak luar. Ia berharap, kegiatan seminar yang diselenggarakan tersebut dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai keadaan ekonomi Sultra.

“UHO bersama BI Sultra memang telah sering bekerjasama. Jadi kegiatan apapun itu kita akan saling dukung. Apalagi, jika kegiatan tersebut dapat mendukung pembangunan daerah. Kami membuka diri untuk kegiatan apapun yang bertujuan membuat negara ini maju. Paling tidak kita bisa menyumbang untuk kemajuan Sultra,” ujar Zamrun.

Diketahui, dalam kegiatan itu turut hadir Kepala KPw BI Sultra, Suharman Tabrani yang membawakan materi dengan judul Peran dan Tata Kelola Kantor Perwakilan BI dalam pengembangan ekonomi di daerah. Ada pula Anggota BSBI, Hikmahanto Juwana yang memberikan materi berjudul Mengawal Independensi BI, Pengamat Ekonomi Prof. Ahmad Erani Yustika, Akademisi UHO, Dr. Rosna Wintang, SE., MSi., serta moderator Prof. Dr. H. Muhammad Sarif, SE., MS. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy