Kenali Gejala Klinis Infeksi Virus Dengue – Kendari Pos
Kesehatan

Kenali Gejala Klinis Infeksi Virus Dengue

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Di Indonesia, kasus demam berdarah menimbulkan angka kematian cukup tinggi, terutama pada anak-anak. Hingga kini, vaksinasi untuk demam berdarah belum ada sehingga pencegahan yang bisa diupayakan yaitu melalui pola hidup dan lingkungan yang sehat. Masalah lain yang harus diperhatikan dari hampir sebagian kasus kematian akibat demam berdarah adalah keterlambatan pengambilan tindakan dan penanganan terhadap pasien demam berdarah.

Terjadinya keterlambatan penanganan ini seringkali akibat tidak terdeteksinya demam berdarah lebih awal. Hal tersebut semakin sulit, sebab gejala yang ditimbulkan semakin bervariasi dan tidak spesifik seperti sakit panas. Bintik merah yang dijadikan tanda khas pun saat ini tidak selalu muncul pada pasien demam berdarah.

Demam berdarah atau demam dengue yang selama ini dikenal sebenarnya merupakan gejala klinis yang ringan dari infeksi virus dengue yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Demam dengue adalah demam virus akut yang umumnya disertai sakit kepala, nyeri otot, sendi atau tulang, ruam, dan gejala-gejala penurunan jumlah sel darah putih (leukopenia).

Demam dengue yang tidak tertangani dengan baik dan cepat bisa berkembang menjadi gejala yang berat, yaitu dengue haemorrhagic fever(DHF)/demam berdarah dengue (DBD) dan dengue shock syndrome (DSS). Dengue haemorrhagic fever (DHF) atau demam berdarah dengue (DBD) adalah demam dengue yang ditandai dengan demam tinggi, fenomena perdarahan, sering dengan pembesaran hati, dan pada beberapa kasus yang parah ditandai dengan gangguan sirkulasi. Sementara, dengue shock syndrome(DSS) merupakan gejala yang berat dan bisa mengancam jiwa karena terjadi penurunan volume cairan sirkulasi atau plasma dalam tubuh (hipovolemia) yang disebabkan perdarahan plasma. Plt Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr. Andi Hasnah menjelaskan, nyamuk penyebab DBD cenderung berkembang biak di tempat yang gelap, kotor dan lembab. Makanya, dia mengimbau masyarakat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta mau menjaga lingkungan dan membersihkan rumah sendiri baik di dalam maupun di luar rumah. “Masyarakat yang sudah terindikasi kena penyakit demam berdarah segera memeriksakan diri,” pesannya. (uli/rls)

Deteksi Dini Infeksi Virus Dengue di Prodia

Mengingat semakin sulitnya deteksi dini infeksi virus dengue berdasarkan gejala, maka pemeriksaan laboratorium menjadi salah satu pemeriksaan penunjang terpenting untuk penegakan diagnosis. Terdapat beberapa pemeriksaan yang bisa mendeteksi infeksi virus dengue. Namun saat ini yang menjadi pilihan adalah pemeriksaan serologi Anti Dengue IgG dan IgM. Pemeriksaan serologi memiliki akurasi yang baik, hasilnya cepat, mudah dilakukan, serta biayanya relatif murah dibandingkan pemeriksaan yang lain. Sayangnya, pemeriksaan serologi ini belum bisa mendeteksi virus dengue secara lebih dini, karena antibodi IgM yang menunjukkan adanya infeksi baru akan muncul hari ke-3 setelah terinfeksi atau gejala demam muncul.

Prodia telah mengembangkan suatu pemeriksaan yang bisa mendeteksi infeksi virus dengue lebih awal dibandingkan pemeriksaan serologi, yaitu pemeriksaan Dengue NS1 Antigen. Pemeriksaan dengue NS1 antigen dilakukan dengan mendeteksi adanya antigen dari protein struktural virus dengue. Protein struktural diperlukan oleh virus dengue untuk mempertahankan hidup dan terutama untuk membantu masuk ke dalam sel inang. Karena itu, pemeriksaan dengue NS1 antigen bisa dikatakan sebagai pemeriksaan yang mendeteksi bagian tubuh virus dengue sendiri dan tidak perlu menunggu respon tubuh terhadap infeksi, sehingga dapat mendeteksi infeksi virus dengue pada hari ke-1 hingga ke-3 mulai demam, bahkan sebelum terjadi penurunan trombosit.

Deteksi awal adanya infeksi virus dengue sangat penting karena kita dapat melakukan terapi suportif dan pemantauan pasien dengan segera. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko komplikasi seperti demam berdarah dengue dan dengue shock. (uli/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy