Kemenko PMK Apresiasi RS Santa Anna – Kendari Pos
Metro Kendari

Kemenko PMK Apresiasi RS Santa Anna

KENDARIPOS.CO.ID — BPJS Kesehatan Cabang Kendari bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meninjau langsung implementasi upaya peningkatan pelayanan peserta JKN-KIS di Kota Kendari. Peninjauan ini meliputi Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Kemenko PMK yang diwakili oleh Kepala Bidang Asuransi Sosial Laode Muhammad Talib, melakukan kunjungan ke RS Santa Anna dan Puskesmas Benu-Benua.

Dalam kunjungan ini didampingi Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Hilaluddin dan Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kendari Alamsyah. Di RS Santa Anna Laode Muhammad Talib melakukan pengecekan. Yakni implementasi antrian online, display tempat tidur yang terintegrasi dengan aplikasi mobile JKN. Pengecekan juga dilakukan pada pelayanan hemodialisa menggunakan finger print dan perpanjangan rujukan hemodialisa yang dilakukan di rumah sakit melalui aplikasi Vclaim tanpa harus ke FKTP. Kemenko PMK menyampaikan apresiasi kepada pihak RS Santa Anna dalam dukungan serta keseriusannya dalam peningkatan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. “Implementasi quick win yang telah dilaksanakan RS Santa Anna diharapkan dapat di implementasikan di fasilitas kesehatan lanjutan atau fasilitas kesehatan tingkat pertama lainnya. Fasilitas kesehatan dan Pemerintah daerah agar dapat memenuhi kelengkapan sarana prasarana dalam mendukung implementasi quick win. Selain itu, penerapan implementasi quick win ini agar dapat disosialisasikan secara masif ke masyarakat, agar masyarakat dapat menggunakan fasilitas tersebut,” ungkap Talib.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Kendari Hilaluddin menyampaikan bahwa terdapat 17 rumah sakit yang telah memiliki informasi display/ketersediaan tempat tidur yang dapat diakses dengan mobile JKN. Lebih lanjut, Hilaluddin menyampaikan
implementasi sistem antrian yang terintegrasi dengan aplikasi mobile JKN di FKTP Kota Kendari sudah dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS. Baik yang terdaftar di Puskesmas Puuwatu Puskesmas Mokoau atau di Dokter Amry Ady Haris. Untuk Kabupaten Konawe sudah dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS yang terdaftar di Puskesmas. Yakni Puskesmas Unaaha, Wawotobi, Onembute, Sampara dan Dokter Muh Natsir. Lalu untuk Kabupaten Kolaka sudah diimplementasikan di Puskesmas Kolakaasi dan Dokter Dewi Putriani. Aplikasi mobile JKN akan menunjukkan nomor antrian peserta serta nomor antrian yang saat ini sedang dilayani sehingga peserta bisa memprediksi waktu tunggu sebelum mendapatkan pelayanan. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy