Kawasan Ekonomi Khusus Bakal Dibangun di Buton – Kendari Pos
Buton

Kawasan Ekonomi Khusus Bakal Dibangun di Buton

La Bakry


KENDARIPOS.CO.ID — Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengenai penetapan Desa Lawele dan Kelurahan Kamaru sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK), masih dinanti. Oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, dua desa di Kecamatan Lasalimu itu akan diplot sebagai pusat ekonomi berbasis pertambangan dan perikanan. Upaya itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Pemkab pun beberapa kali menghadiri rapat terbatas bersama pihak Kementerian Kemaritiman. Jika sudah mendapat respon, KEK itu akan dibangun dalam jangka waktu kurang lebih lima tahun.

Bupati Buton, La Bakry, mengungkapkan, KEK disematkan untuk daerah yang berpotensi berkembang melalui penanaman modal intensif. Tujuannya untuk memaksimalkan kinerja industri dan membuka lapangan kerja. Menurutnya, Buton sudah memenuhi syarat untuk itu. “Kalau bicara tambang, potensi kita bukan nasional lagi, tetapi dunia. Sama dengan perikanan, di Kamaru ikan kita banyak, ini saya sudah presentasikan juga di kementerian,” katanya, kemarin.

Jika dibangun dalam lima tahun ke depan, KEK itu tidak hanya memberi dampak ekonomi pada masyarakat Buton, tetapi juga Sulawesi Tenggara. “Ini kalau sudah ditetapkan dalam keputusan presiden, lima tahun sudah jadi, bahkan bisa lebih cepat dari itu,” tambahnya. Perekonomian masyarakat dan daerah di kawasan tersebut kata La Bakry, akan digerakkan dengan modal investasi puluhan triliun rupiah sesuai potensinya.

“Bisa 20 hingga 25 triliun kalau potensi investasinya. Cukup besar sesuai sumber dayanya,” sambungn Buton-1 itu. Pemkab juga sudah melakukan persiapan mandiri untuk mendukung KEK itu, seperti pembangunan jalan khusus tambang tahun ini. Kemudian persiapan pembangunan dermaga baru yang kini sudah diusulkan di Kementerian Perhubungan. “Kita sudah siap, infrastruktur pendukungnya sedang dibangun. Kita ingin masyarakat lebih banyak terlibat juga nanti, misalnya industri perikanan sudah jadi, mereka harus menyambut lapangan kerja itu,” harapnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy