Kawal Pilkada, PPK Diminta Jaga Integritas – Kendari Pos
Politik

Kawal Pilkada, PPK Diminta Jaga Integritas

KENDARIPOS.CO.ID — Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada sejumlah kabupaten di Sultra yang gelar Pilkada 2020 telah dilantik, akhir pekan lalu (lihat grafis). Mereka yang terpilih berdasarkan penjaringan ketat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat akan bertugas menyelenggarakan Pilkada. Untuk menciptakan hajatan demokrasi berkualitas, PPK harus menjaga integritas.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir (dudu, tiga kiri), Ketua KPU Muna, Kubais (duduk, tengah) bersama anggota komisioner KPU Muna dan PPK yang dilantik, akhir pekan lalu. Petugas PPK diminta untuk jaga integritas agar tercipta Pilkada berkualitas

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir menambahkan Pilkada Muna memang terlanjur punya catatan kontroversi. Ia berharap tak ada lagi PSU pada tahun ini. Makanya, dirinya meminta PPK memperhatikan setiap tugas kepemiluan dengan baik. Terutama, menyangkut verifikasi dan validasi data pemilih. Mengingat sumber masalah Pilkada Muna 2015 ialah kerancuan data pemilih. Sehingga temuan pelanggaran paling fatal saat itu ialah pemilih ganda dan pemilih siluman. “Usahakan satu nama satu suara. Makanya pada saat pendataan di lapangan, PPK harus melakukan coklit secara teliti,” paparnya.

Abdul Natsir menambahkan, titik kerawanan data pemilih biasanya ada pada penduduk yang tidak memiliki identitas kependudukan maupun penduduk yang berubah status. Hal itu harus diantisipasi betul oleh penyelenggara. Ia yakin, jika basis data penyelenggara valid dan akurat, maka kecurangan Pemilu bisa dicegah. “Itu tergantung profesionalitas PPK. Makanya saya minta betul agar integritas itu dijaga,” pungkasnya.
Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan PPK yang dilantik ini akan memulai masa kerja per 1 Maret. Tugas penting pertama yang akan dilakukan PPK ialah menetapkan sekretariat kecamatan, sebagai pusat pelaksanaan tugas kepemiluan.

“PPK harus mulai menjaga diri dari hal-hal yang bersentuhan dengan politik praktis atau tindakan atau apa saja yang bisa menimbulkan persepsi ketidak netralan ditengah masyarakat. Hal itu untuk menjaga kepercayaan pemilih kepada penyelenggara,” bebernya.

PPK ini, kata dia, ujung tombak penyelenggara pemilu. Kalau runtuh integritasnya maka hancur kepercayaan masyarakat pada KPU. Terlebih, Pilkada Muna punya sejarah tidak baik setelah terjadinya PSU berulang pada 2015 lalu. Untuk itu, ia meminta PPK bekerja teliti dan profesional semata-mata untuk kesuksesan Pilkada. “Tidak boleh ada tendensi lain, kita hanya bekerja agar Pilkada berjalan sukses dan sejarah PSU itu tidak terulang kembali,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KPU Konsel, Aliudin mengingatkan PPK agar senantiasa menjaga netralitas dan independensi sebagai penyelenggara, kapan pun dan di manapun berada. Jangan berafiliasi dengan parpol maupun calon bupati dan wakil bupati. Jaga netralitas dan integritas.

Ketua KPU Konkep, Iskandar menuturkan usai dilantik, PPK menjalani bimbingan teknis (Bimtek) terkait kerja awal menghadapi Pilkada. Iskandar menambahkan, saat ini, pihaknya juga lagi mencari Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk membantu kerja-kerja KPU. Setidaknya, 1.000-an peserta yang sudah memasukan berkas administrasi untuk menjadi penyelenggara di tingkat TPS.

“Tahapan penerimaan anggota PPS masih sementara berlangsung. Saat ini kami baru verifikasi administrasi. Jangan sampai ada peserta calon anggota PPS yang terlibat Parpol dan menjadi simpatisan salah satu calon kandidat Bupati Konkep,”tandas Iskandar.

Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias menuturkan tugas PPK sangat berat dalam melaksanakan pendidikan demokrasi kepada masyarakat. PPK harus memiliki integritas dalam menjalankan Pilkada. “Sinergitas dalam menjalankan Pemilu perlu dalam bertugas. Pilkada bisa sukses dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan bermartabat. Muda-mudahan semua PPK bisa bertugas dengan baik diatas kepentingan pribadi dan golongan,” tutupnya. (kam/ode/san/kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy