Kasus Penyelewengan Dana Hibah, Dirut PDAM Baubau Diperiksa – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kasus Penyelewengan Dana Hibah, Dirut PDAM Baubau Diperiksa

KENDARIPOS.CO.ID — Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Baubau “mengendus” aroma dugaan korupsi pengelolaan anggaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau. Dugaan penyelewengan itu berkaitan dengan dana hibah yang dikelolah PDAM pada 2019. Kondisi itu menyeret nama Direktur PDAM Baubau, La Ode Ali Hasan dengan menjadi salah seorang terperiksa beberapa waktu lalu.

Kasat Reskrim Polres Baubau, AKP Ronald Arron Maramis membenarkan hal tersebut. La Ode Ali Hasan mendatangi Satreskrim Polres Baubau dan dimintai keterangan seputaran pemanfaatan anggaran tesebut. “Saat ini masih tahap penyelidikan,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan WA-nya. Jumlah dana hibah PDAM tersebut sekira empat miliar rupiah. Dalam proses hibah dan pengelolaan anggaran tersebut dicurigai ada kejanggalan. Namun seperti bagaimana proses dugaan korupsi itu terjadi, Satreskrim Polres Baubau masih belum mengetahuinya. “Kita belum masuk kesitu. Masih penanganan proses hibah dari pemkot ke PDAM,” ucapnya.

Kasat Reskrim Polres Baubau, AKP Ronald Arron Maramis

Sampai saat ini, pihaknya telah memanggil dan memeriksa tiga orang. Seluruhnya merupakan pegawai PDAM yang salah satunya adalah, La Ode Ali Hasan. “Dua oranya yang kita periksa adalah staf dan masih terus dikembangkan,” tutupnya. Sementara itu, Direktur PDAM Baubau, La Ode Ali Hasan yang dikonfirmasi tidak menepik hal tesebut. Dirinya telah memenuhi panggilan tersebut memberikan penjelasan.

“Secara keseluruhan terkait hibah itu kita sudah jelaskan kemarin. Hibah itu jelas peruntukanya. Setelah itu dikemvalikan ke PDAM, bukan untuk pribadi,” terangnya. Pemanggilan dirinya atas persolan dana hibah itu karena adanya laporan masyarakat. Kemudian diikuti dengan demo yang dilakukan. “Dimintai keterangan memang tiga orang, katanya berdasarkan laporan masyarakat. Danah hibah itu soal pengadaan sambungan rumah kemasyarakat yang berpenghasilan rendah tahun 2019,” tutupnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy