Kadis Kominfo Kendari : Jangan Asal “Share” Informasi Corona ! – Kendari Pos
Metro Kendari

Kadis Kominfo Kendari : Jangan Asal “Share” Informasi Corona !

KENDARIPOS.CO.ID — Isu penyebaran Virus Corona (Covid-19) kian marak. Media sosial merupakan salah satu sarananya. Hal tersebut tentunya membawa ke khawatiran tersendiri bagi beberapa pihak. Terlebih jika informasi yang disiarkan tersebut tidak benar alias hoax. Akan hal itu, Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengimbau agar masyarakat tidak asal menerima informasi yang beredar. “Saya harap masyarakat dapat memilih dan memilah informasi-informasi terkait Virus Corona ini, jangan asal “share” sehingga kita tidak ikut menyebarkan berita yang sifatnya Hoax” kata Nur Razak, Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari.

Ia menegaskan, bagi siapa pun yang menyebarkan hoaks atau disinformasi, maka akan terancam sanksi. Ketentuan tersebut, lanjut dia, sudah diatur dalam Undang-undang (UU) Pasal 28 Nomor 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik (UU ITE), yang menyebutkan bahwa Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen maka akan dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam pasal 45 A Ayat 1 UU No19 Tahun 2016. “Hukumannya adalah enam tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 miliar,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Nur Razak memperlihatkan banner yang berisikan himbauan Wali Kota perihal penanganan dan pencegahan virus corona.

Nur Razak menyarankan, sebaiknya masyarakat tidak terlalu mengkonsumsi isu-isu yang beredar didunia during saat ini, dan lebih memilih informasi yang langsung disampaikan oleh pememerintah perihal perkembangan informasi terkini virus corona. Pihaknya pun kini berupaya memberikan informasi secepat mungkin kepada seluruh warga metro terhadap upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona (Covid-19). Misalnya saja kata dia, kemarin (18/3), pihaknya melakukan pemasangan banner edaran Wali Kota terkait hal-hal yang perlu dilakukan masyarakat mengantisipasi menyebarnya pandemi Covid-19 khususnya di Kota Kendari

“Kami telah memasang banner edaran Wali Kota di 10 titik strategis seperti pusat perbelanjaan (Lippo Plaza, Mall Mandonga), fasilitas kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit), kantor/instansi pemerintahan, tempat hiburan dan rekreasi (Pantai Nambo) serta tempat umum lainnya,” bebernya. Selain menerbitkan edaran Wali Kota melalui banner, pihaknya juga mensosialisasikan kampanye hentikan Hoax terkait Virus Corona, sehingga tidak terjadi keresahan dan kepanikan yang berlebihan di masyarakat. “Seruan ini juga kami sampaikan melalui website dan medsos resmi milik Pemkot Kendari,” tandasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy