Jelang Ramadan, Pemkab Kolut Razia Barang Kedaluwarsa – Kendari Pos
Kolaka Utara

Jelang Ramadan, Pemkab Kolut Razia Barang Kedaluwarsa

Risal Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Penertiban dan razia peredaran produk dagangan yang telah kedaluwarsa mulai dilakukan pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Sejumlah pasar dan kios di Bumi Patowonua tersebut dalam pantauan untuk memastikan, konsumen mendapat haknya membeli barang yang layak konsumsi.

Kadis Perdagangan Kolut, Risal Natsir, menegaskan, kegiatan rutin yang dilakukan jelang bulan Ramadan tersebut memfokuskan pada pemantauan di pasar dan toko-toko besar yang menjadi tempat membeli para pedagang kecil. Apalagi, setiap tahun pihaknya selalu menemukan produk jualan yang masih dipajang meski sudah tak layak jual.

“Pembeli terkadang tidak memperhatikan hal itu. Tetapi ada juga penjual yang paham saat barangnya ekspayer, ia gudangkan,” jelas Risal Natsir, Minggu (22/3). Untuk saat ini pihaknya masih merutinkan kunjungan ke pasar-pasar guna menertibkan tera atau alat ukur pedagang. Jika ada temuan, maka akan ditegur agar pedagang mengubahnya sesuai standar. Jika berulang, maka alat takarnya langsung disita. Masyarakat juga juga bisa mengajukan keberatan jika menjumpai alat ukur yang diragukan.

Begitu juga proses tera di SPBU juga tak luput dari evaluasi. Hanya saja, pihaknya belum punya ahli yang bisa menangani hal itu sehingga masih melibatkan pihak dari Kabupaten Kolaka hingga kini. “Ini menjadi catatan agar kedepan Pemkab Kolut punya Penera Ahli sendiri,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy