Jangan Rusak Fasilitas Tugu Religi, Pahri Yamsul : Tombol Lift Sengaja Dicungkil – Kendari Pos
Metro Kendari

Jangan Rusak Fasilitas Tugu Religi, Pahri Yamsul : Tombol Lift Sengaja Dicungkil

KENDARIPOS.CO.ID — Rehabilitasi kawasan Tugu Religi masih menjadi prioritas. Tahun ini, Pemprov Sultra kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Anggaran ini diporsikan untuk membenahi fasilitas yang rusak. Baik yang rusak karena adanya pelaksanaan sejumlah event maupun oknum yang tak bertanggung jawab. Kepala Dinas Cita Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan akan melakukan perbaikan sejumlah fasilitas Tugu Religi seperti plafon dan tegel keramik. Diakuinya, pasca pelaksanaan HPS beberapa tegel keramik banyak yang pecah-pecah dan palfon yang rusak. “Iya, kita akan benahi satu persatu. Anggarannya Rp 1 miliar,” ungkapnya.

Lift sambung Pahri juga akan diperbaiki. Sebab kondisi tombolnya sudah jebol. Ia menduga ada pengunjung yang sengaja merusak. “Bagaimana lift mau naik kalau tombolnya di cungkil pakai obeng. Tapi kita benahi terus sekarang. Semoga tidak ada lagi orang-orang yang merusak itu nanti” ucapnya. Pemprov kata dia, akan terus melakukan perbaikan. Tahun 2019 lalu, anggaran untuk menata kawasan ini sebesar Rp 9 miliar.

Kawasan pelataran Tugu Religi terus dibenahi. Pemprov Sultra ingin menjadikan RTH sebagai sarana berinteraksi warga maupun melepas lelah.

Sebab pada dasarnya, kawasan MTQ Square merupakan ruang terbuka hijau. Di mana lokasi ini sarana melepas lelah atau bersosialisasi warga. “Kawasan itu terbuka untuk umum sehingga dari pagi hingga sore orang-orang bisa mengunjungi MTQ baik hanya sekedar joging, jalan-jalan maupun kegiatan sosialisasi dharmawisata. MTQ itu satu kesatuan dengan taman kota dan dibuka full,” ujarnya.

Biaya pemeliharaan kawasan tugu religi diakuinya belum dianggarkan. Namun pemerintah tetap melakukan pembersihan. Untuk pengelolaanya telah diserahkan ke Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra. “Kawasan MTQ kini sudah bersih. Sampah-sampah yang berserakan kini sudah dibersihkan. Walapun belum sebersih yang diharapkan. Kami tetap berkoordinasi dengan Dispar. Tugas kami memperbaiki infrastrukur, pengelolaan menjadi doamin Dispar,” ungkapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy