Jalur Provinsi di Andoolo-Tinanggea Rusak, Sudah 10 Tahun Tak Dibenahi – Kendari Pos
Konawe Selatan

Jalur Provinsi di Andoolo-Tinanggea Rusak, Sudah 10 Tahun Tak Dibenahi

Pemandangan jalan rusak berstatus kewenangan pemerintah Provinsi di poros Andoolo-Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan. Akses transportasi lintas kabupaten itu sudah 10 tahun lebih tak pernah mendapat sentuhan perbaikan.


KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi ruas jalan Andoolo-Tinanggea di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) saat ini kian memprihatinkan. Meskipun status jalan itu adalah kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), namun pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Konsel mengaku siap melakukan perbaikan jalan berlubang itu.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Konsel, Samsul Alam, mengakui, jalan yang rusak parah tersebut menjadi masalah besar. “Ini memang jalan provinsi. Tetapi dalam hal ini kita yang gunakan. Sehingga karena dana terbatas, kita tetap tidak lepas tangan. Kami akan segera tambal lubang-lubang besar yang parah itu, khususnya di tiga Desa yakni Lalonggasu, Lalowatu dan Lalobao jalan poros Andoolo-Tinanggea,” ungkapnya, kemarin.

Samsul Alam menjelaskan, saat ini pihaknya masih fokus membenahi infrastruktur persiapan helatan MTQ Provinsi. Terkait penimbunan jalan berlubang itu, pihaknya akan mengerjakan setelah event MTQ Provinsi di Konsel selesai. Ia memproyeksi, untuk anggaran perbaikan sementara dengan panjang jalan 17 kilometer itu mencapai Rp 170 juta.

Samsul Alam

“Taksiran kita, satu kilometer butuh Rp 10 juta untuk sekadar tambal kubangan jalan yang parah itu. Kita juga akan turunkan alat berat,” sebutnya.
Sambil menunggu perbaikan sementara, pihaknya sudah pernah mengusulkan kepada Pemprov agar bisa memberikan kewenangan pada dinas teknsi untuk melakukan pemeliharaan jalan. Sayangnya menurut Samsul Alam, hingga saat ini belum ada respon.

“Kita juga sudah menyurat ke Provinsi, agar jalan ini bisa diperhatikan. Paling tidak pemeliharaan jalan, karena menyongsong pelaksanaan MTQ ini ada kafilah-kafilah yang nginap di Andoolo dan Alangga,” imbuhnya. Ia juga meminta pada DPRD Provinsi agar bisa memprioritaskan perbaikan jalan tersebut. Pasalnya bukan saja hanya dilalui masyarakat setempat, namun jalan itu adalah lintas kabupaten dan provinsi.

“Kita punya wakil rakyat yang duduk di provinsi, harusnya mereka lebih peka dengan jalan ini. Ketika mereka turun reses bisa kita ingatkan dan minta perannya mereka,” sindir Samsul. Dirinya berharap ada penanganan serius terkait ruas jalan tersebut. Kalaupun tidak bisa diakomodir sekaligus, setidaknya bisa ada porsi anggaran bertahap. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy