Jaksa di Konsel tak Lanjutkan Kasus Dugaan Korupsi Desa – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Jaksa di Konsel tak Lanjutkan Kasus Dugaan Korupsi Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Lembaga Swadaya Masyarakat Pro Jokowi ( Projo) telah melaporkan kasus dugaan korupsi dana desa, di Desa Tambaenga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Dugaan korupsi tersebut bermodus penyalaghunaan anggaran dengan kegiatan Fiktif dan juga Mark Up Tahun 2016 hingga Tahun 2019. Kasus tersebut telah didalami Pihak Kejaksaan Negeri Konsel. Sayangnya, penyelidikan yang dilakukan terhenti setelah adanya pengembalian dana dari Desa yang bersangkutan melalui Inspektorat. Projo tak terima dengan apa yang telah dilakukan Kejaksaan Negeri Konsel. Mereka masih tak puas jika pengembalian uang Negara begitu saja, lantas tak melanjutkan penyelidikan.

Sekretaris DPD Projo Sultra Edi Suyatono menyebutkan, dalam kegiatan yang dilaporkan cukup kompleks. Diantaranya penyalahgunaan penimbunan material Jalan, kemudian pengadaan Alat Moleng. Sejumlah anggaran yang digunakan Desa tersebut tak sesuai peruntukannya. “Ada banyak item. Kegiatannya fiktif dan adapula yang di Mark Up dan dipotong oleh Kapala Desa tersebut,”tutur dia saat mempertanyakan Laporannya di Kejari Konsel.

Menurutnya, kasus ini telah terpenuhi secara hukum. Seharusnya pihak Kejaksaan Konsel tetap harus melakukan penyelidikan dan mengklarifikasinya kepada beberapa pihak. Untuk itu, Projo kata Edi akan melaporkan hal ini kembali ke Kejati Sultra dan Polda Sultra. “Kami bakal masukan kembali ke Polda dan Kejati, karena langkah Kejari Konsel tidak jelas,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Konsel, Syamsu Gunawan mengatakan laporan yang dilaporkan sudah ditindak lanjuti. Hanya saja, setelah di mengklarifikasinya kepihak-pihak Desa dan juga meminta Audit dari Inspektorat, temuan dari Desa Tambeanga sudah dikembalikan. Dengan begitu, Jaksa tidak bisa melanjutkan ke ranah penyelidikan. “Sebelumnya kita berikan waktu 60 hari. Nah, setelah itu, Kepala Desa mengembalikan ke kas Desa sebanyak Rp 276 Juta sesuai temuan inspektorat,”dalihnya. (c/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy