Jajaki Kerjasama dengan PPS, PAD Kendari Berpotensi Bertambah Rp 20 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Jajaki Kerjasama dengan PPS, PAD Kendari Berpotensi Bertambah Rp 20 Miliar

Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Wali kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir cukup cekatan melihat peluang. Pasca menerima laporan bawahannya, ia langsung bergerak cepat. Dalam waktu dekat, ia akan berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari. Rencananya, politisi PKS ini menjajaki kerjasama dengan PPS Kendari terkait penarikan retribusi pasar lelang dan grosir. Dengan kerja sama ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpotensi bertambah sebesar Rp 20 miliar per tahun.

“Saya akan berkunjung ke PPS sembari melihat langsung aktivitas yang ada di sana. Komunikasi dan sinergi dengan PPS Kendari akan terus dilakukan demi menggali lebih banyak lagi sumber-sumber PAD yang potensial demi pembangunan Kota Kendari,” kata Sulkarnain usai menerima laporan Dinas Perikanan dan Keluatan (DKP) Kota Kendari kemarin.

Ia berharap kerjasama yang terjalin dengan PPS mampu mengoptimalisasi PAD. Di sisi lain, kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan investasi industri perikanan dan penyerapan tenaga kerja di Kendari.

Kepala PPS Kendari, Mansur mengatakan baik kerja sama tersebut. Ia menjamin kerja sama ini bisa mendongkrak PAD Kota Kendari. Ia lalu mencontohkan, produksi ikan yang didaratkan di PPS Kendari tahun lalu (2019, Red) sekira 24.000 ton dengan nilai sekitar Rp 400 miliar. Jika pungutan retribusi lelang dan pasar grosir sebesar 5 persen efektif berlaku, maka PAD yang diperoleh dari PPS Kendari bisa mencapai sekitar Rp 20 miliar per tahun.

“Penerimaan sebesar ini tentunya akan menjadi sumber PAD baru yang sangat potensial bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Kendari . Ini juga wujud sumbangsih kami kepada pemerintah dan menunjukan bahwa PPS bisa menjadi kebanggan pemerintah dan masyarakat Kendari,” kata Mansur. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy