Jaga Kebersihan Tangan Efektif Cegah Korona – Kendari Pos
Kesehatan

Jaga Kebersihan Tangan Efektif Cegah Korona

KENDARIPOS.CO.ID — Meningkatnya jumlah pasien positif virus Korona jenis baru di Indonesia membuat masker kesehatan semakin diburu oleh masyarakat. Padahal, sudah berulang kali Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa masker diperuntukkan bagi mereka yang sakit. Hal itu dibenarkan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. Akan tetapi, Ari mengatakan bahwa jika seseorang yang sehat ingin memakai masker, hal ini sebetulnya sah-sah saja.

“Jawaban saya silahkan saja. Tapi pertanyaannya untuk apa pakai masker di luar rumah kalau kita sehat. Sebenarnya orang sehat pakai masker pun tidak ada masalah,” katanya kepada JawaPos.com. Dia menambahkan, sebenarnya yang harus pakai masker adalah orang yang sakit atau ketika kita akan kontak dengan orang sakit. Masker juga diperlukan oleh para petugas kesehatan yang akan melakukan tindakan medis.

“Untuk masyarakat umum yang sehat, saat kita pakai masker cenderung menyentuh daerah hidung atau mulut saat membetulkan posisi masker. Belum lagi kalau kita tidak menggunakan masker dengan benar hal ini justru pemakaian menjadi kontraproduktif,” tuturnya.
Hal lain juga harus diperhatikan bahwa sampah masker dikategorikan sampah medis. Jadi, harus dibuang pada tempat sampah yang tepat setelah digunakan.

“Sedih saya kalau menemukan masker bekas di pinggir jalan. Di sisi lain sebagaimana kita ketahui penularan virus COVID-19 melalui droplet. Jadi jelas bisa diketahui kalau pasiennya batuk, pilek atau bersin,” jelasnya. Menurut Ari, yang terpenting justru adalah menjaga kebersihan tangan. Pasalnya, bisa saja ada pasien Korona tanpa gejala atau asimptomatik jelas yang bisa menularkan virus itu ketika ia garuk hidung dan pegang handle pintu yang kemudian dipegang orang lain.

“Jadi yang penting saat ini adalah menjaga tangan kita tidak tercemar pada tempat yang biasa di pegang orang, kita harus selalu sedia hand sanitizer dan juga anjuran hand sanitizer di tempat-tempat umum. Pastikan toilet kantor dan toilet umum tersedia sabun antiseptik,” tegasnya. (ani/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy